PELATIHAN PEMBUATAN OLAHAN HASIL PANEN PISANG CAVENDIS DI DESA KEDAWUNG, KECAMATAN KEDAWUNG, KABUPATEN SRAGEN
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

Pisang Cavendish
pengolahan
kripik pisang

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di Desa Kedawung Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Provinsi Jawa Tengah. Mata pencaharian masyarakat adalah petani dan peternak. Data jumlah lahan produktif yang digunakan masyarakat berupa sawah sebesar 57%, sedangkan sisa lahan digunakan untuk pekarangan, perkebunan, dan sebagainya. Masyarakat mengandalkan mata pencaharian utama sebagai petani, dan rata-rata menempuh pendidikan hanya hingga SMP-SMA. Kondisi saat ini pendidikan yang tinggi sangat diperlukan sebagai akselerasi atau upaya pemecahan masalah kesejahteraan di masyarakat.  Tahun 2021 Tim Abdimas Universitas Terbuka Surakarta telah melakukan pengabdian masyarakat sebagai upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan budidaya tanaman sebanyak 1000 bibit pisang cavendish kepada warga di Desa Kedawung. Sebagai upaya kelanjutannya, tahun 2023 tim Abdimas membekali keterampilan dan pengetahuan untuk 18 warga agar bisa mengolah hasil panen pisang cavendis menjadi variasi lain agar pisang tidak hanya dikonsumsi sebagai buah siap makan. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan yang memberikan pengetahuan tentang cara mengolah pisang cavendish menjadi produk yang lebih bervariasi dan memiliki nilai jual lebih tinggi yaitu berupa kripik pisang, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan memberikan pelatihan untuk mempraktekkan cara mengolah pisang cavendish menjadi kripik. Dari hasil kegiatan ini, target telah tercapai dengan melihat warga yang telah memiliki pengetahuan dan mahir mengolah pisang cavendish menjadi produk kripik pisang, warga juga dapat memasarkan produk sampai ke pasar konsumen, dan telah meningkatkan perekonomian warga.

PDF (Bahasa Indonesia)

References

Cahyono, D. 1995. Kultur Jaringan. Penerbit Swadaya. Jakarta.

Nurwati, N., Surtinah,dan Masykur, A. (2015). Analisis Pemanfaatan Pekarangan untuk Mendukung Ketahanan Pangan di Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Pertanian, 11(2), 1-8.

Noorsya, A. O., & Iwan Kustiwan. (2012). Potensi Pengembangan Pertanian Perkotaan untuk Mewujudkan Kawasan Perkotaan Bandung yang Berkelanjutan. Bandung.

Sampellilling, S., Sitorus, S. R. P., Nurisyah, S., & Pramudya, B. (2012). Pengembangan Pertanian Kota Berkelanjutan Studi Kasus di DKI Jakarta. J. Analisis Kebijakan Pertanian, 10(3), 257–267.

Satuhu & Supriadi. 1990. Teknik Kultur in Vitro Dalam Holikultur. Penebar Swadaya. Jakarta.

Suyanti & Supriyadi, A, 2008, Pisang Budi Daya Pengolahan dan Prospek Pasar, Penebar Swadaya, Jakarta

Wattimena. 1992. Zat Pengatur Tumbuh Tanaman. Pusat Antar Universitas (PAU) Bioteknologi Insitut Pertanian. Bogor.

Widayatmo, A., dan Nindita, A. 2019. Identifikasi Morfologi Aksesi Pisang Cavendish pada Fase Pembibitan dan Produksi di Lampung. Bul. Agrohorti 7(2) : 138-144.