PEMBERDAYAAN GURU SMP DI KOTA TANGERANG SELATAN DALAM PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR ONLINE BIDANG MATEMATIKA DAN SAINS DENGAN PENDEKATAN TPACK
PDF

Kata Kunci

TPACK, matematika, sains, aplikasi, platform

Abstrak

Peningkatan kompetensi guru tidak hanya berfokus pada peningkatan penguasaan materi. Lebih dari itu, di era digital seperti saat ini penerapan teknologi urgen dimiliki oleh guru. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan kemampuan kepada para guru khususnya untuk penguasaan  Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) sehingga guru dapat mengenali, memahami dan menggunakan beberapa aplikasi dan platform online yang dilatihkan dalam melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan di bidang matematika sains. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 17 guru SMP di kota Tangerang Selatan. Adapun program dan aplikasi yang dilatihkan yaitu aplikasi geogebra, platform kahoot, booklet hingga conker.ai. Berdasarkan analisis hasil kepuasan peserta (guru), diketahui bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi guru karena aplikasi dan platform online yang dilatihkan berguna sebagai media pembelajaran (92,9%). Guru juga menilai bahwa materi pelatihan ini sangat menarik (92,9%) dan menambah pengetahuan guru juga dalam hal evaluasi proses Pendidikan (92,9%). Adapun saran terkait dengan pelatihan ini adalah kestabilan jaringan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pelatihan supaya dapat dipersiapkan lebih matang kembali.

PDF

Referensi

Armiyati dan Fachrurozi. (2022). Technological pedagogical content

knowledge (TPACK) mahasiswa calon guru di Tasikmalaya. JIPSINDO

(Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial IndonesiaVol.09. No.02

(2022), pp. 164-176.

Bunyamin, dkk. (2021). Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran

Berbasis Permaianan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran. Jurnal

Kehumasan Vol 3, No 1, 2020, 43-50

Durdu, L., & Dag, F. (2017). Pre-Service Teachers’ TPACK Development and

Conceptions through a TPACK-Based Course. Australian Journal of

Teacher Education, 42(11), 150–171.

https://doi.org/10.14221/ajte.2017v42n11.10

Hohenwarter, M., Hohenwaeter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008).

Teaching and Calculus with Free Dynamic Matgematics Software

GeoGebra. ICME 11.

Kismiati, D.A., Hutasoit, L.R., Wahyuningsih, T., Ratnaningsih, A.,

Sekarwinahyu, M. (2023). Pelatihan Penanaman Toga Sebagai Upaya

Trauma Healing bagi Siswa SD Terdampak Gempa Bumi Cianjur. Jurnal

Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan

kepada Masyarakat Vol. 4 No. 3. https://ejournal.undikma.ac.id/index.php/jpu/index

Maf’ulah, Wulandari, Jauhariyah dan Ngaten. (2021). Pembelajaran

Matematika dengan Media Software GeoGebra Materi Dimensi Tiga.

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 10, Nomor 3,

September 2021

Mutanaffisah,R., Ningrum, R. dan Ari Widodo. (2021). Ketepatan

pemilihan pendekatan, metode, dan media terhadap karakteristik

materi IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7 (1), 2021, 12-21

Nugroho dan Romadhon. (2022). Minat Peserta Didik Mtsn 3 Banyuwangi

Dalam Gim Blooket Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Andragogi:

Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan Vol. 10, No 2,

Desember 2022

Nurhayani, dkk. (2022). TPACK (Technological, Pedagogical, and Content

Knowledge) untuk Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD.

JURNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022 Halaman 179 –

Research & Learning in Elementary Education

https://jbasic.org/index.php/basicedu

Ratnaningsih, Dwi Indrawati, A. R. dan A. W. (2020). Training For

Fasilitator ( TFF ) Desa Bersih dan Pengelolaan Sampah 3R (Bank

Sampah) di Desa Cibodas , Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten

Bandung. Jurnal AKAL: Abdimas Dan Kearifan Lokal, 1(1), 58–68.

Rosyid. (2022). Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi

Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat

Ekonomi ASEAN. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan

Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat

Ekonomi ASEAN