PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS TARL UNTUK MEMAKSIMALKAN PROSES PEMBELAJARAN
PDF

Kata Kunci

Pembelajaran
Sekolah Dasar
Teaching at the Right Level

Abstrak

Permasalahan pendidikan yang saat ini banyak menjadi perdebatan adalah rendahnya literasi di sekolah dasar (SD). Peserta didik masih sulit memahami konten pembelajaran di sekolah apabila tingkat kemampuan litaerasi masih rendah. Adanya perubahan kurikulum yang menuntut literasi menjadi salah satu hal yang penting pada proses pembelajaran, menuntut peserta didik untuk membiasakan kegiatan literasi ini. Untuk itu penting untuk memberikan pendampingan yang dimulai dengan melatih guru SD mengenai TaRL (Teaching at the Right Level) dan dapat menerapkannya kepada siswa. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan pengajaran sesuai dengan tingkat kemampuan masing-masing peserta didik. Metode yang digunakan adalah berbentuk pendampinganyang diawali dengan survey, pelaksanan dengan memberikan materi dan diskusi, serta pendampingan implementasi. Peserta diikuti oleh guru 15 guru yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Sidokarto. Hasil kegiatan adalah semua peserta dapat memahami materi TaRL dengan baik dan akan mempraktekan pada saat melaksanakan proses pengajarannya pada siswa SD yang diajarkannya. Hasil pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari, didapatkan bahwa sebanyak 12 guru sudah memahami konsep dari TaRL, 10 guru sudah bisa merancang pembelajaran yang berbasis TaRL, dan sudah ada 5 guru yang sudah berhasil untuk mengimplementasikannya di dalam pembelajaran.

PDF

Referensi

Banerjee Rukmini Banerji James Berry Esther Duflo Harini Kannan Shobhini

Mukherji Marc Shotland Michael Walton, A., Bansal, T., Bajracharya, S.,

Deshpande, A., Gonda, B., Firth, J., Larroulet, C., Lorenceau, A.,

Mazumdar, J., Rao, M., Rajwade, S., Sharma, P., Shields, J., Siddiqui, Z.,

Vaidya, Y., Wasserman, M., Welsh-, J., Banerjee, A., Banerji, R., …

Walton, M. (2016). Mainstreaming an effective intervention: Evidence

from randomized evaluations of “teaching at the right level” in India.

http://www.nber.org/papers/w22746

Erlina, N. (2021). JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN

SAINS. Kesiapan calon guru IPA dalam pengembangan rencana

pembelajaran berbasis education for sustainable development. 4(3), 142–

Fitriani, S. N. (2022). Analisis peningkatan kemampuan literasi siswa dengan

metode adabta melalui pendekatan tarl. BADA’A: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 4(1), 69–78. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.580

Ganimian, A. J., & Murnane, R. J. (2016). Improving education in developing

countries: Lessons from rigorous impact evaluations. Review of

Educational Research, 86(3), 719–755.

https://doi.org/10.3102/0034654315627499

Jazuli, L. (2022). Teaching at the right level (tarl) through the all smart

children approach (sac) improves students’ literature ability. PROGRES

PENDIDIKAN, 3(3), 156–165.

https://doi.org/10.29303/prospek.v3i3.269

Kremer, M., Brannen, C., & Glennerster, R. (2013). The challenge of

education and learning in the developing world. In Science (Vol. 340,

Issue 6130, pp. 297–300). American Association for the Advancement of

Science. https://doi.org/10.1126/science.1235350

Muammar, M., & Megawati, M. (2023). Reinforcement kompetensi guru

dalam mengembangkan membaca permulaan siswa melalui pendekatan

teaching at the right level di Sekolah Dasar. Jurnal Participative: Jurnal

Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 36–51.

https://doi.org/10.55099/participative.v3i1.73

Ningsyih, S., Yulianci, S., Septian Haryati, M., & Taman Siswa Bima, S.

(n.d.). Analisis kemampuan literasi membaca peserta didik melalui

pembelajaran tarl pada program gemar literasi sekolah dasar. In Seminar

Nasional INOVASI Tahun. http://semnas.tsb.ac.id

Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun kualitas

pendidikan di Indonesia dalam mewujudkan program sustainable

development goals (sdgs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183

Saini, M., Sengupta, E., Singh, M., Singh, H., & Singh, J. (2023). Sustainable

development foal for quality education (SDG 4): A study on SDG 4 to

extract the pattern of association among the indicators of SDG 4

employing a genetic algorithm. In Education and Information

Technologies (Vol. 28, Issue 2). Springer US.

https://doi.org/10.1007/s10639-022-11265-4

Sanisah, S., Ayu Darmurtika, L., & Pendidikan Geografi, P. (2023).

Pendampingan implementasi pendekatan tarl (teaching at the right level)

untuk meningkatkan kemampuan literari murid. Journal of Character

Education Society), 6(2), 440–453.

https://doi.org/10.31764/jces.v6i2.14572

Saputra, A., & Taman Siswa Bima, S. (2022). Implementasi model

pembelajaran tarl dalam meningkatan kemampuan literasi dasar membaca

peserta didik di sekolah dasar kelas awal.

http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id