PENGUATAN BRANDING PRODUK UMKM UNTUK MENINGKATKAN NILAI JUAL DENGAN METODE LOW COST DI KOTA SURABAYA
PDF

Kata Kunci

Branding
Era Digital
Nilai Jual
UMKM

Abstrak

Branding produk merupakan sebuah cara untuk memperkenalkan suatu usaha yang memuat identitas usaha dan membentuk sebuah citra produk kepada masyarakat. Terlebih hidup di era digitalisasi saat ini sebuah usaha harus mampu menciptakan branding produk yang kuat agar lebih mudah dikenal oleh konsumen yaitu masyarakat. Namun permasalahannya banyak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Surabaya saat ini tidak mengerti mengenai manfaat branding produk pada usaha mereka. Pada di era digital saat ini teknologi sangat membantu memudahkan UMKM dalam membangun sebuah brand bahkan dengan biaya relatif minim. Dari permasalahan yang ada melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan strategi dan cara kepada pelaku UMKM khususnya di Surabaya untuk membangun sebuah branding pada usahanya dengan metode low cost. Tujuan dari pengabdian ini selain memotivasi dan sosialisasi kepada pelaku UMKM mengenai manfaat branding produk dalam meningkatkan nilai jual juga sebagai sarana promosi digital kepada konsumen, serta sinergi pengabdian kepada msayarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan akademisi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah low cost dengan memanfaatkan teknologi yang ada di internet dan software berbayar yang relatif murah. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa branding produk penting diterapkan oleh pelaku usaha UMKM untuk media promosi digital sekaligus memperkenalkan identitas dan citra usahanya pada masyarakat.

PDF

Referensi

Arianto, B. (2019). Buzzer Media Sosial dan Branding Produk UMKM

Daerah Istimewa Yogyakarta. 2(1)

Badan Pusat Statistik. (2016, 12 16). Launching Publikasi Ekonomi Kreatif

Retrieved from bps.go.id:

https://www.bps.go.id/news/2016/12/16/171/launching-publikasiekonomi-kreatif-2016.html

Bradshaw, P. (2017). online journalism handbook (2nd ed.). Routledge

DIKOMINFO SURABAYA(2021). UMKM Surabaya Capai 60 Ribu Lebih,

Ini Intervemsi Pemkot Surabaya. Retrived November

,2023, from https://surabaya.go.id/id/berita/60749/umkmsurabaya-capaiIrawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding dan

Packaging UMKM Ikatan Pengusaha Aisyiah di Kota

Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(1),

–36. https://doi.org/10.22219/JANAYU.V1I1.11188

Irvan, M. (2015). Fase Pengembangan Konsep Produk Dalam kegiatan

Perancangan dan Pengembangan Produk. Faktor Exacta,4(3),

https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/55

Sri Dewi Setiawati, M. R. (2019). Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku

Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Abdimas BSI, 126.