KONSTRUKTIF DESA WISATA BUDAYA MELALUI KEARIFAN LOKAL DAN DIGITAL MARKETING
PDF

Kata Kunci

Adat Istiadat
Digital Marketing
Kearifan Lokal
Suku Lom
Wisata Budaya

Abstrak

Dusun Air Abik merupakan wilayah administratif Desa Gunung Muda, Kabupaten Bangka memiliki potensi wisata yang sungguh luar biasa. Dusun yang memiliki topografi landai dan berbukit ternyata masih mempertahankan tradisi adat istiadat dan menjadi keutamaan dalam keseharian. Adat istiadat dan budaya leluhur tersebut diwariskan semenjak “Suku Lom” berada di kawasan hutan adat dalam hingga saat ini. Urang Lom atau dikenal dengan Suku Lom diketuai oleh ketua adat yang merupakan keturunan asli Urang Lom yang belum mempunyai kepercayaan. Memiliki kelembagaan, yaitu Lembaga Adat Mapur (LAM) mengemban tugas menjaga dan memelihara tradisi adat istiadat dan kepercayaan leluhur serta menjaga kelestarian hutan adat. Pada survei diidentifikasi permasalahan internal “kelumpuhan” pranata sosial, sistem keyakinan dalam hal perkawinan (keturunan), dan identitas kesukuan yang terancam. Masalah ekternal lebih difokuskan pada konflik tenurial yang berlangsung sejak satu dekade terakhir yaitu konflik sengketa lahan antara perusahaan perkebunan kelapa sawit dengan Suku Lom, sehingga mengancam kelestarian kearifan lokal. Program kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen bertujuan meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengelola potensi wisata budaya dengan mengangkat kearifan lokal. Kegiatan berupa workshop tentang Pengembangan Wisata Bebasis Kearifan Lokal, dilaksanakan juga Pelatihan Branding anyaman tradisional dan obat, pelestarian tanaman obat endemik sebagai sarana edukasi guna melestarikan kekayaan adat Suku Lom, serta pendampingan membuat akun media sosial yaitu Instagram dan Tiktok berfungsi media promosi dan menjual hasil kriya secara online dan khazanah wisata yang ada di Dusun Air Abik.

PDF

Referensi

Abadiyah, N., Fediyanto, N., Rahma, Z., Shanti Nurrachma, F., & Gita Safitri, S. (2022). Pemberdayaan Rintisan Desa Wisata Berbasis Pendampingan: Desa Ngembe, Beji, Pasuruan. https://pssh.umsida.ac.id.

Cholillah, J. (n.d.). Orang Lom: Masalah Sosial dan Ancaman Kearifan Lokal Dalam Tinjauan Sosiologi.

Christianingrum, Darman Saputra, Yusuf, & Daniyal Ulyana. (2021). Pelatihan Pembuatan Design Logo Sebagai Upaya Menanamkan Kesadaran Merek Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Air Itam. IKRAITH-ABDIMAS, 4(1).

Harjadi, D., Kripsiyadi Praramdana, G., Komarudin, M. N., & Manalu, V. G. (n.d.). PEMBERDAYAAN DALAM PENGELOLAAN DIGITAL MARKETING UNTUK MEWUJUDKAN DESA WISATA BUDAYA DI KECAMATAN CIGUGUR KABUPATEN KUNINGAN. In Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://kuninganmass.com/anything/10-objek-wisata-yang-paling-sering-dikunjungi-selama-2017

Robuwan, R., & Armanda Agustian, R. (n.d.). Urgensi Pembentukan Lembaga Adat Urang Lom Guna Memberikan Perlindungan Suku Lom.

Zulkarnain, I. (n.d.). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMETAAN PARTISIPATIF UNTUK IDENTIFIKASI DAN PEMETAAN WILAYAH ADAT SUKU LOM DI KECAMATAN BELINYU KABUPATEN BANGKA.