PENGUATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAUD MELALUI PENGEMBANGAN BIG BOOK BERBASIS KARAKTER
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

Big Book
Pembentukan Karakter
Profil Pelajar Pancasila
PAUD

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD), termasuk taman kanak-kanak (TK) merupakan hal sangat penting karena berkaitan dengan pengembangan segala potensi yang dimiliki anak agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan tumbuh kembang secara optimal.  Pembentukan karakter pada anak usia dini dapat dilakukan terintegrasi dengan pengembangan literasi, dengan tetap memperhatikan karakteristik pada usia tersebut, seperti belajar sambil bermain dan belajar melalui cerita.  Agar penyelenggaraan pendidikan tersebut dapat memfasilitasi pengembangan segala potensi anak diperlukan guru yang profesional dan lingkungan belajar yang memadai.  Oleh sebab itu, penguatan profesionalisme guru PAUD sangat perlu untuk dilakukan melalui berbagai pelatihan dan kegiatan, seperti melalui pelatihan program pengabdian kepada masyarakat dari dosen-dosen yang relevan.  Program Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2023 (tahun pertama) ini dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada guru-guru TK di wilayah Gunung Sindur, dengan materi pengembangan media pembelajaran Big book berbasis karakter. Big book merupakan pendekatan atau media belajar dengan menggunakan buku berukuran besar yang dibuat melalui tahap-tahap tertentu dan selanjutnya digunakan dalam pembelajaran untuk mendukung pencapaian capaian pembelajaran yang telah ditentukan. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dilakukan oleh Dosen FKIP Universitas Terbuka, bekerjasama dengan IGTKI Wilayah Kabupaten Bogor dan melibatkan mahasiswa  mahasiswa Program Studi  PGPAUD dan mahasiswa MPDR Universitas Terbuka. Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 bulan (Juni-November 2023), dari persiapan sampai dengan menggunakan produk pelatihan pada pembelajaran.  Pengembangan big book melalui kegiatan penyamaan peserpsi pembuatan big book berbasis karakter yang terkait dengan Profil Pelajar Pancasila, pembuatan draft konten melalui cerita dan finalisasi konten cerita tersebut, pembuatan gambar-gambar dan konten cerita, reviu hasil big book, finalisasi big book, penggunaan big book dalam pembelajaran di kelas.  Big book yang dihasilkan pada kegiatan PkM ini adalah sebanyak 5 buah produk yang merupakan hasil peserta PkM bersama mahasiswa peserta PkM dan Dosen Fasilitator PkM. Hasil ujicoba big book di kelas menunjukkan bahwa anak-anak TK antusias dan senang belajar menggunakan big book.

PDF (Bahasa Indonesia)

References

Ary, et.al, (1982).Pengantar penelitian dalam Pendidikan .terjemahan Arief Furchan. Surabaya : Usaha Nasional.

Arief Furchan, (1982). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan (Surabaya: Usaha Nasional.

Azzet,Akhmad Muhaimin.2011.Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia : Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhaslan Belajar dan kemajuan Bangsa.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media

Efendi, J. (2021). Pembentukan Karakter Anak Sejak Usia Dini Di PAUD. Diambil dari: http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=2039

Gunawan, D. (2015). Sekali lagi tentang big book. Diambil pada tanggal 5 Maret 2019, Pukul 12.00 dari https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2F http://www.kompasiana.com%2Fdedygunawanhutajulu

Kiromi dan Fauziah, (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Volume 3 – Nomor 1, Maret 2016. Yogjakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Piaget, J. & Inhelder, B. (2010). Psikologi anak, the psychology of the child. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.