Indonesia
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

pemasaran
pemasaran online

Abstract

Peningkatan ketahanan keluarga termasuk didalamnya ketahanan ekonomi keluarga mendorong para ibu rumah tangga untuk mengubah pola perilaku dan mau belajar untuk dapat menghadapi berbagai tantangan ekonomi keluarga. Memasarkan hasil pertanian rumah tangga seperti beras dan kacang hijau untuk pendapatan keluarga secara konvensional dengan kemasan yang sederhana dan tidak menarik merupakan salah satu penyebab hasil penjualan tidak banyak. Pelatihan dan pendampingan terkait pemasaran secara online diperlukan sebagai salah satu cara untuk menambah omzet atau tingkat penjualan para ibu sebagai bagian dari menambah penghasilan keluarga. Disamping itu, pemberian bantuan desain kemasan yang menarik  untuk produk yang dipasarkan juga diberikan untuk menunjang peningkatan hasil penjualan tersebut.  Di sisi lain, pendampingan kepada keluarga dalam hal menanam tanaman sayur sebagai salah satu bentuk ketahanan pangan juga diberikan berupa bantuan bibit.    Mitra dalam kegiatan ini adalah para wanita yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani “EVA” Lemadak, Desa Pariti.  Target dan luaran yang ingin yang dicapai adalah peningkatan kemampuan memasarkan produk secara online lewat media sosial. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan demonstrasi. Seluruh kegiatan dilaksanakan dalam kurun waktu bulan Januari sampai bulan November 2023 yang meliputi pelatihan, pendampingan, monitoring dan evaluasi.  Hasil yang diperoleh adalah para ibu rumah tangga yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani “Eva” sudah bisa memanfaatkan aplikasi canva dalam mendesain kemasan produk dan mengakses media social untuk memasarkan produk pertanian yang mereka hasilkan.

PDF (Bahasa Indonesia)

References

https://kemnaker.go.id/news/detail/menaker-badai-pasti-berlalu-panggilkembali-pekerja-yang-ter-phk-nanti;

Undang-Undang No. 52 Tahun 2009