Prosiding SENMASTER 2023

Abstract

Terbit : 27 Maret 2024

Komite Pengarah
Prof. Dra. Dewi Artati Padmo Putri, M.A., Ph.D.

Penanggung Jawab
Dr. Teguh Prakoso, M.Hum
Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd.

Tim Editor 
Dr. Heriani, S.IP., M.A.
Dr. Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum.
Dr. Jaka Warsihna, M.Si
Dra. Tetty Rachmi, M.Hum.
Dr. Rhini Fatmasari, S.Pd., M.Sc.

Sekretariat
Teguh Nursantoso, S.Kom., M.MSI.
Trias Rachmatika, S.E., M.Ak.
Peri Paryatna
Alfiatun Ni'mah, S.E.

ICT Support Teams
Harry Subandri, S. Kom
M Farhan Al Ja'fary, S.Sos

Layouter 
Arsri Agusti, S.Ds.

Prosiding ini menyajikan artikel hasil kegiatan abdimas oleh dosen dan mahasiswa  Universitas Terbuka maupun dari luar Universitas Terbuka yang telah dipresentasikan pada kegiatan Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SENMASTER) & Gelar Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka Tahun 2023 dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Meningkatkan Kualitas Hidup Menuju Indonesia Emas 2045” pada 23 November 2023 . 

Tema tersebut dipilih dengan pertimbangan bahwa visi Indonesia Emas 2045 untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia yang lebih baik dan merata dengan kualitas manusia yang lebih tinggi, ekonomi Indonesia yang meningkat menjadi negara maju dan menjadi salah satu dari 5 kekuatan ekonomi terbesar dunia, pemerataan yang berkeadilan di semua bidang merupakan suatu upaya yang harus dilakukan.  Tidak hanya tugas pemerintah, tetapi juga semua pihak, salah satunya adalah perguruan tinggi. Melalui Tridarma Perguruan Tinggi, kehadiran peran dan partisipasi perguruan tinggi dalam memenuhi 4 syarat utama untuk menuju Indonesia Emas 2045, yaitu tercapainya peningkatan kualitas manusia, ketersediaan infrastruktur, kualitas kelembagaan dan Kebijakan pemerintah. Sebagai tonggak peningkatan kualitas sumber daya manusia, perguruan tinggi memegang andil dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 melalui Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.  

SENMASTER 2023 menghadirkan Pembicara Kunci, yaitu Bapak Ir. Arifin Tasrif ( Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia 2019-2024 ); dan Bapak Prof. Dr. H. Sapta Nirwandar, S.E., DESS. (Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2011-2014/Chairman of Indonesia Halal Lifestyle Center& Indonesia Tourism Forum/Commissioner President of Etokohalal). Selain itu, juga ada kegiatan Gelar Wicara dalam bentuk pleno, menghadirkan 4(empat) orang narasumber, yaitu: 1) Dr. Trini Prastati, M.Pd ( Praktisi Pemberdayaan Masyarakat/Dosen Universitas Terbuka; 2) H. Chaeruddin (Babeh Idin, sang Jawara Penjaga kali Pesanggrahan (Praktisi Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan); 3) Dr. Ari Setiawan, M.Pd. (Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Universitas Sarjanawiyata Taman Wisma Yogyakarta/Aktivis Pemberdayaan Masyarakat); dan 4) Britaniasari (Aktivis Perempuan Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan). 

 

PDF (Bahasa Indonesia)