OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN SMARTPHONE DENGAN METODE SIMPLEKS

STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Authors

  • Lukhy Nanda Warseno Program Studi Matematika, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Sutanto Program Studi Matematika, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Keywords:

teori permainan, simpleks, smartphone, strategi optimal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran perusahaan smartphone dengan menggunakan metode simpleks dan algoritma Brown. Dalam industri smartphone yang sangat kompetitif, perusahaan memerlukan strategi pemasaran yang efisien dan efektif untuk mencapai keunggulan kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui optimal-isasi strategi pemasaran yang optimal dari perusahaan smartphone. Beberapa dari perusahaan smartphone adalah Apple, Samsung, Oppo, Vivo, dan Xiaomi. Setiap perusahaan smartphone memiliki keunggulan yang dapat digunakan sebagai strategi pemasaran seperti fitur produk, harga, media periklanan, citra produk, dan faktor sosial. Optimalisasi strategi pemasaran dapat diselesaikan dengan penerapan teori permainan, yaitu Metode Simpleks. Berdasarkan pen-golahan data, dipilih 3 merek smartphone hasil yang paling diinginkan responden. Setelah menghitung menggunakan metode simpleks, didapat strategi optimal untuk untuk masing-mas-ing perusahaan.

Downloads

Published

2024-08-31