TANTANGAN DAN PELUANG EDUCATIONAL DATA MINING DAN LEARNING ANALYTICS PADA PENDIDIKAN JARAK JAUH DI INDONESIA
Keywords:
educational data mining, learning analytics, pembelajaran jarak jauhAbstract
Perkembangan teknologi semakin mempengaruhi perubahan perilaku pada kehidupan sehari-hari. Dunia pendidikan tidak terlepas dari perubahan tersebut. Salah satu inovasi yang muncul dari perubahan perilaku akibat transformasi digital adalah penerapan educational data mining (EDM) dan learning analytics (LA) dalam pengolahan data pendidikan. EDM menggunakan berbagai teknik pembelajaran mesin (machine learning) untuk menggali informasi yang tersembunyi dari data pendidikan. Sedangkan LA menganalisis hasil pengolahan data dan melakukan interpretasi hasil yang mendalam sehingga institusi, pendidik, administrator, dan peserta didik dapat memanfaatkannya untuk mengambil tindakan dan kebijakan yang berdasar-kan data. Penelitian ini mengkhususkan implementasi EDM dan LA pada pendidikan jarak jauh di Indonesia. Pendidikan jarak jauh menggunakan teknologi dalam pembelajarannya yang me-nyebabkan banyak data pendidikan dapat diolah dibandingkan dengan pendidikan tatap muka. Hal ini mendukung penerapan EDM dan LA dalam pengelolaan pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam penerapan EDM dan LA pada pendidikan jarak jauh. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur yang be-rasal dari artikel jurnal dan buku. Berdasatkan hasil penelitian, EDM dan LA telah diterapkan pada beberapa institusi pendidikan, mulai dari prediksi masa studi mahasiswa, prediksi kelu-lusan mahasiswa, personalisasi pembelajaran, dan sebagainya. Penerapan EDM dan LA telah membantu institusi pendidikan dalam memutuskan kebijakan yang diambil. EDM dan LA dapat diterapkan dalam pendidikan jarak jauh di Indonesia.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi "SainTek"
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.