IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE CRM

Authors

  • Nur Kholiq Sistem Informasi, Universitas Ibrahimy, Situbondo, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

e-commerce, toko bangunan, waterfall, customer relationship management (CRM)

Abstract

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini meningkat dengan pesat. Hal ini bisa terjadi dikarenakan teknologi informasi sudah menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam dunia bisnis. Bisnis yang dilakukan dengan menggunakan internet disebut dengan e-commerce. Pada saat ini toko Material Pilar Mas mengalami kendala dalam memanajemen data pelanggan sehingga berpotensi tidak dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. Transaksi penjualan yang dilakukan oleh toko masih menggunakan cara konvensional. Untuk pendataan stok barang masih belum bisa dilakukan dikarenakan cukup memakan waktu dan tenaga. Dengan menggunakan sistem pengembangan waterfall maka toko bisa menggunakan sistem e-commerce sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi. Dengan metode Customer Relationship Management (CRM) pihak toko bisa memanajemen data customer untuk mengidentifikasi pelanggan terbaiknya yang dapat menguntungkan pihak toko sehingga pelanggan tersebut perlu dipertahankan dalam jangka panjang. Hasil dari penelitian ini adalah dibangunnya sistem e-commerce. Didalam sistem terdapat beberapa fitur yaitu pengelolaan data master, pengelolaan transaksi dan pengelolaan laporan penjualan.

Downloads

Published

2024-08-31