ANALISIS REGRESI LOGISTIK ORDINAL UNTUK MENENTUKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERFORMA BELAJAR

Authors

  • Radha Bintang Vollencia
  • Harmi Sugiarti Program Studi Statistika, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan

Keywords:

performa belajar, regresi logistik ordinal, nilai ujian, faktor pengaruh

Abstract

Pendidikan perguruan tinggi adalah jenjang akhir bagi pelajar yang membutuhkan dorongan berupa ketertarikan untuk mengembangkan dan memperluas ilmu pengetahuan. Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi performa belajar peserta didik berdasarkan data yang tersedia, seperti waktu belajar, jumlah ketidakhadiran, dan dukungan keluarga. Variabel respon dari data ini adalah kelompok nilai yang terdiri dari delapan kategori. Data yang digunakan adalah data sekunder dari dataset “Evaluasi Performa Belajar Mahasiswa” yang tersedia di UCI Machine Learning Repository. Analisis yang digunakan pada penelitian ini menerapkan model logit kumulatif untuk memodelkan faktor-faktor yang berpengaruh signifikan. Hasil yang diperoleh adalah dari 12 variabel prediktor yang diduga berpengaruh terhadap performa belajar, ternyata hanya 4 variabel yang berpengaruh signifikan, yaitu usia, jenis kelamin, pengaruh proyek dan kegiatan, dan mendengarkan isi perkuliahan. Penelitian ini diharapkan dapat mengidentifikasi variabel-variabel utama yang memiliki pengaruh paling besar terhadap tingkat performa belajar mahasiswa sehingga dapat menjadi fokus dalam intervensi pendidikan.

Author Biography

Radha Bintang Vollencia

Pendidikan perguruan tinggi adalah jenjang akhir bagi pelajar yang membutuhkan dorongan berupa ketertarikan untuk mengembangkan dan memperluas ilmu pengetahuan. Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi performa belajar peserta didik berdasarkan data yang tersedia, seperti waktu belajar, jumlah ketidakhadiran, dan dukungan keluarga. Variabel respon dari data ini adalah kelompok nilai yang terdiri dari delapan kategori. Data yang digunakan adalah data sekunder dari dataset “Evaluasi Performa Belajar Mahasiswa” yang tersedia di UCI Machine Learning Repository. Analisis yang digunakan pada penelitian ini menerapkan model logit kumulatif untuk memodelkan faktor-faktor yang berpengaruh signifikan. Hasil yang diperoleh adalah dari 12 variabel prediktor yang diduga berpengaruh terhadap performa belajar, ternyata hanya 4 variabel yang berpengaruh signifikan, yaitu usia, jenis kelamin, pengaruh proyek dan kegiatan, dan mendengarkan isi perkuliahan. Penelitian ini diharapkan dapat mengidentifikasi variabel-variabel utama yang memiliki pengaruh paling besar terhadap tingkat performa belajar mahasiswa sehingga dapat menjadi fokus dalam intervensi pendidikan.

Downloads

Published

2025-02-21

Conference Proceedings Volume

Section

Prodi Statistika

Categories