PENGELOMPOKAN PROVINSI DI INDONESIA BERDASARKAN INDEKS PEMBANGUNAN LITERASI MASYARAKAT 2023 MENGGUNAKAN METODE KLASTER HIERARKI DAN NON HIERARKI
Keywords:
Analisis Klaster, Icdrate, Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat, Pseudo-F Statistics, R2Abstract
Pembangunan literasi merupakan salah satu indikator penting dalam mengukur kemajuan suatu bangsa di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengelompokan provinsi di Indonesia berdasarkan indikator Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat yang bersumber dari Satu Data Perpusnas tahun 2023 dan Statistik Indonesia (Badan Pusat Statistik) tahun 2023. Pengelompokan dilakukan untuk mengetahui provinsi-provinsi mana yang memiliki kualitas literasi rendah sehingga diperlukan perbaikan akses dan fasilitas literasi yang lebih memadahi. Pada penelitian ini dilakukan perbandingan metode klaster hierarki dan non hierarki. Metode klaster hierarki yang digunakan yaitu single linkage dan average linkage, sedangkan metode klaster non hierarki yang digunakan yaitu k-means. Metode yang terbaik antara klaster hierarki dan non hierarki digunakan dalam pengelompokan provinsi berdasarkan indikator Pembangunan Literasi Masyarakat. Pemilihan metode terbaik berdasarkan nilai icdrate dan pseudo-f statistics. Metode terbaik antara klaster hierarki dan non hierarki yaitu metode k-means dengan 5 klaster dihasilkan nilai Pseudo-F statistics sebesar 90,05 dan icdrate sebesar 0,075. Kebaikan hasil klaster (R2) sebesar 92,5%. Setiap klaster memiliki karakteristik masing – masing. Klaster 1 yang beranggotakan Provinsi DI Yogyakarta, dan Sulawesi Selatan merupakan klaster yang memiliki Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat sangat tinggi. Klaster 2 termasuk dalam kategori yang memiliki Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat tinggi. Klaster 3 termasuk dalam kategori yang memiliki Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat sedang/cukup. Klaster 4 termasuk dalam kategori rendah. Sedangkan klaster 5 merupakan klaster yang memiliki Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat sangat rendah. Berdasarkan penelitian hingga 5 klaster, hal ini menunjukkan terjadinya kesenjangan atau perbedaan pembangunan literasi di wilayah Indonesia.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
Categories
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi "SainTek"

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.