651 ANALISIS PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Triana Safitri PGSD, Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia
  • Pantriagung PGSD, Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia
  • Listia Fitriana PGSD, Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia
  • Inin Ananta PGSD, Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia
  • Fida Rahmatika PGSD, Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia

Keywords:

Kurikulum Merdeka, TIK, Sekolah Dasar

Abstract

Kurikulum Merdeka memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dengan cara yang menyenangkan dan fleksibel, melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mengembangkan keterampilan investigasi, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan. Kurikulum ini bertujuan menghasilkan lulusan yang unggul dalam aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik, dengan penekanan pada nilai kebangsaan. Peran kepala sekolah sangat penting dalam mendorong kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mendukung pembelajaran melalui media digital, meningkatkan pemahaman konsep, dan memperluas akses pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggali penerapan Kurikulum Merdeka dan TIK dalam pendidikan.

Downloads

Published

2025-02-21

Conference Proceedings Volume

Section

Prodi Sistem Informasi

Categories