PENERAPAN METODE HOLT-WINTERS UNTUK PERAMALAN PENJUALAN LEMARI PAKAIAN 6 PINTU

(STUDI KASUS: JUMLAH PESANAN TOKO HOMEBAZE LIVING)

Authors

  • Annisa Agustin Statistika, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Indonesia
  • Ria Faulina Statistika, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Indonesia

Keywords:

e-Commerce, peramalan, holt-winters, multiplikatif, aditif

Abstract

Pasca pandemi Covid-19 persaingan dalam penjualan e-commerce menjadi semakin ketat, sehingga jumlah pesanan yang naik turun menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha. Hal ini terjadi karena tidak terdapat analisa dan strategi manajemen stok (tidak dapat memprediksi berapa jumlah optimal produk yang harus disediakan) yang dilakukan oleh Perusahaan. Perkiraan jumlah pesanan yang akan datang dapat membantu penjual dalam mengantisipasi fluktuasi permintaan dan mempersiapkannya di waktu yang akan datang. Untuk mengatasi hal ini, dikembangkan sistem peramalan penjualan dengan tujuan menerapkan metode Holt-Winters Exponential Smoothing untuk meramalkan jumlah pesanan berdasarkan data historis. Metode ini merupakan metode peramalan yang selain memperhatikan faktor trend juga melihat faktor musiman. Penelitian ini menggunakan data jumlah pesanan pada toko online Homebaze Living periode 2022-2025. Dari beberapa kombinasi parameter model Multiplikatif dan model Aditif, dihasilkan nilai akurasi yang layak atau memadai dengan nilai rata-rata MAPE 30,68% untuk model Multiplikatif dan 38,02% untuk Model Aditif. Hal ini menunjukkan bahwa Model Multiplikatif lebih baik daripada Model Aditif karena memiliki nilai MAPE lebih kecil.

Downloads

Published

2025-08-31

Conference Proceedings Volume

Section

Artikel

Categories