SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN SISWA BERPRESTASI RA IBRAHIMY DENGAN METODE WEIGHT PRODUCT (WP)
Keywords:
sistem pendukung keputusan, weight product, siswa berprestasi, ra ibrahimy, anak usia diniAbstract
Penentuan siswa berprestasi pada jenjang pendidikan anak usia dini, seperti di RA (Raudatul Atfal) Ibrahimy, merupakan proses penting untuk mengidentifikasi dan memberikan apresiasi kepada anak didik yang menunjukkan perkembangan optimal dalam berbagai aspek. Namun, penilaian yang masih di lakukan secara manual dan subjektif menyulitkan guru dalam mengambil keputusan yang adil dan konsisten. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membangun Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat membantu guru dalam menentukan siswa berprestasi secara lebih objektif dan sistematis menggunakan metode Weight Product (WP). Metode WP digunakan karena mampu menangani pengambilan keputusan multikreteria dengan cara mengalikan nilai setiap kriteria yang telah di beri bobot, sehingga menghasilkan penilaian yang lebih akurat. Kriteria yang di gunakan dalam penelitian ini meliputi aspek kognitif, afektif, motorik, kehadiran, serta partisipasi dalam kegiatan. Data di peroleh melalui observasi, wawancara dengan guru, dan dokumentasi perkembangan anak didik. Sistem ini dirancang berbasis web agar mudah diakses dan digunakan oleh pihak RA Ibrahimy. Proses perhitungan dalam sistem melibatkan normalisasi nilai, pembobotan, hingga perhitungan preferensi akhir setiap siswa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini mampu memberikan hasil rekomendasi yang sesuai dan dapat membantu pihak RA Ibrahimy dalam proses evaluasi secara efisien dan transparan. Dengan adanya sistem ini, diharapkan proses penentuan siswa berprestasi dapat di lakukan dengan lebih adil, memotivasi anak, serta mendukung kualitas pembelajaran di lingkungan RA Ibrahimy.Downloads
Published
2025-08-31
Conference Proceedings Volume
Section
Artikel
Categories
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi "SainTek"

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.