RANCANG BANGUN E-COMMERCE PADA KOPERASI KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT NELAYAN DAN TANI BANYUPUTIH BERBASIS ANDROID DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)
Keywords:
koperasi, CRM, android, digitalisasi, pelayananAbstract
Perkembangan revolusi industri telah mendorong transformasi signifikan dalam berbagai sektor, termasuk koperasi, melalui pemanfaatan teknologi digital seperti aplikasi berbasis Android. Koperasi Kelompok Swadaya Masyarakat Tani dan Nelayan Banyuputih (KSM MANTAB) di Kecamatan Banyuputih, mayoritas anggotanya adalah petani dan nelayan. Koperasi KSM MANTAB masih menjalankan proses bisnis secara tradisional tanpa dukungan teknologi, sehingga kurang efisien dalam pelayanan dan promosi produk. Penelitian ini difokuskan pada proses merancang dan membangun sistem Customer Relationship Management (CRM) berbasis Android yang disesuaikan dengan kebutuhan anggota koperasi. Dalam merancang sistem ini, digunakan Metode Waterfall diimplementasikan melalui serangkaian tahapan yang terstruktur secara berurutan, meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan, untuk memastikan integritas serta keandalan sistem . Sistem ini menghadirkan fitur pencarian produk berdasarkan jenis, harga, dan ketersediaan stok, serta menyediakan layanan tambahan seperti notifikasi ulang tahun dan rekap belanja bulanan. Penerapan sistem ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi transaksi, mempererat hubungan emosional dengan anggota, serta memperkuat loyalitas pelanggan. Sehingga mampu meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan anggota koperasi dan mempermudah pelanggan dalam memperoleh informasi terkait promosi, harga dan stok barang.Downloads
Published
2025-08-31
Conference Proceedings Volume
Section
Artikel
Categories
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi "SainTek"

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.