ANALISIS MINAT KONSUMSI IKAN PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DITINJAU DARI PREFERENSI, PENGETAHUAN, DAN KETERSEDIAAN:

STUDI KASUS DI PLOSOREJO, PUCAKWANGI, PATI

Authors

  • Dafiq Rohman Mahasiswa Program Studi Agribisnis, Universitas Terbuka, Pati, Indonesia
  • Rizky Lutfi Suprabowo Dosen Program Studi Agribisnis, Universitas Terbuka, Tangerang, Indonesia

Keywords:

Minat, konsumsi, ikan, siswa, keluarga

Abstract

Ikan merupakan sumber protein hewani kaya omega-3 yang penting bagi perkembangan otak dan kesehatan anak. Namun, konsumsi ikan pada anak masih dipengaruhi berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan menganalisis minat konsumsi ikan pada 83 siswa Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Banin, Plosorejo, Pati, menggunakan metode survei kuantitatif. Hasil menunjukkan 84,3% siswa menyukai ikan, tetapi hanya 16,9% mengonsumsinya setiap hari. Faktor yang memengaruhi minat makan ikan antara lain kebiasaan keluarga, metode pengolahan, dan pengetahuan gizi. Sebanyak 53,5% orang tua rutin memasak ikan, namun hanya 40% yang memberi edukasi gizi kepada anak. Hambatan konsumsi termasuk banyaknya duri dan rasa yang kurang disukai. Penelitian ini merekomendasikan edukasi gizi serta inovasi menu ikan di sekolah sebagai upaya meningkatkan konsumsi ikan di kalangan anak-anak.

Downloads

Published

2025-08-31

Conference Proceedings Volume

Section

Artikel

Categories