PENDEKATAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN PERUBAHAN WUJUD ZAT DI KELAS 4 SD NEGERI 3 TAWANGREJENI

Authors

  • Ajeng Angelina Islamiranda Program Studi Biologi, Universitas Terbuka, Kota Tangerang Selatan, Indonesia

Keywords:

inkuiri, project UCI, perubahan wujud zat, sains SD, pembelajaran aktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pendekatan inkuiri melalui Project UCI (Uji Coba Ilmiah) dalam pembelajaran IPA, khususnya pada materi perubahan wujud zat di kelas 4 SD Negeri 3 Tawangrejeni. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas siswa, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Wawancara dilakukan dengan 1 orang guru kelas dan 6 orang siswa secara purposive untuk memperoleh informasi mendalam terkait pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan inkuiri melalui Project UCI mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, mendorong kemampuan berpikir kritis, serta meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah. Siswa menjadi lebih aktif dalam mengamati, bertanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan hasil pengamatan melalui eksperimen sederhana yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya, Project UCI merupakan strategi yang efektif dalam menerapkan pendekatan inkuiri untuk memperkuat pemahaman konsep sains di sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-08-31

Conference Proceedings Volume

Section

Artikel

Categories