ANALISIS SENTIMEN PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PENDIDIKAN DI INSTAGRAM DENGAN ALGORITMA RANDOM FOREST
Keywords:
Artificial Intelligence (AI), Analisis Sentimen, Random Forest, Pendidikan, InstagramAbstract
Perkembangan teknologi di era industri 4.0, khususnya Artificial Intelligence (AI), telah membawa perubahan signifikan di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen masyarakat terhadap pemanfaatan Artificial Intelligence dalam membantu tugas-tugas pelajar dan mahasiswa melalui komentar pada media sosial Instagram. Data dikumpulkan dengan teknik crawling dari tujuh reels Instagram terkait topik Artificial Intelligence dan pendidikan, menghasilkan 564 komentar. Analisis sentimen dilakukan menggunakan metode machine learning Random Forest, dengan tahapan preprocessing data seperti Abbreviations Removal; tokenisasi; Stopword Removal; dan lematisasi, lalu kemudian dilanjutkan dengan tahap pelabelan, analisis sentiment, dan visualisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sentimen netral mendominasi (68,4%), diikuti oleh sentimen negatif (8,6%) dan positif (22,8%). Evaluasi model Random Forest menunjukkan akurasi sebesar 67% dengan F1-Score rata-rata 38%. Temuan yang didapatkan dari penelitian ini diantaranya mayoritas masyarakat memiliki sentimen netral terhadap penggunaan Artificial Intelligence dalam Pendidikan, hal tersebut mencerminkan sikap hati-hati dan belum sepenuhnya menerima atau menolak. Meskipun ada apresiasi terhadap kemudahan yang ditawarkan Artificial Intelligence, banyak juga yang mengungkapkan kekhawatiran atas penyalahgunaannya oleh pelajar. Hasil wordcloud dan TF-IDF menunjukkan bahwa Artificial Intelligence paling sering digunakan untuk menyelesaikan tugas seperti esai. Hasil temuan tersebut menekankan pentingnya edukasi dan regulasi dalam penggunaan Artificial Intelligence agar manfaatnya maksimal dan risiko negatifnya dapat diminimalisir.Downloads
Published
2025-08-31
Conference Proceedings Volume
Section
Artikel
Categories
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi "SainTek"

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.