PENGUATAN LITERASI SAINS MELALUI PEMBELAJARAN IPAS VISUAL INTERAKTIF BERBASIS BIOLOGI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 TAWANGREJENI

Authors

  • Ratih Aprilia Ningsih Program Studi Biologi, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Indonesia
  • Danang Budi Setyawan Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Terbuka, Kota Tangerang Selatan, Indonesia
  • Ulfiana Ika Ratnasari SD Negeri 3 Tawangrejeni, Kab. Malang, Indonesia

Keywords:

biologi, IPAS, literasi sains, media visual, sekolah dasar

Abstract

Literasi sains merupakan fondasi penting dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan ilmiah sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) berbasis visual interaktif dan permainan edukatif berbasis biologi dalam meningkatkan literasi sains siswa di Sekolah Dasar Negeri 3 Tawangrejeni. Pembelajaran dilakukan menggunakan media PowerPoint interaktif yang didesain menarik, disertai permainan edukatif sebagai bentuk penguatan konsep. Survei dilakukan terhadap 16 siswa kelas V melalui kuesioner sederhana. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (10 dari 16) merasa lebih memahami materi, nyaman, dan antusias mengikuti pembelajaran dengan metode ini. Pendekatan berbasis biologi yang disajikan secara visual dan interaktif ini mampu meningkatkan ketertarikan siswa terhadap materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) serta memperkuat pemahaman konsep-konsep sains secara menyenangkan. Temuan ini mendukung bahwa metode visual interaktif dapat menjadi alternatif pembelajaran efektif untuk penguatan literasi sains di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-08-31

Conference Proceedings Volume

Section

Artikel

Categories