PERAN PENYULUH PERTANIAN SEBAGAI EDUKATOR DAN MOTIVATOR DALAM PENINGKATAN KAPASITAS KELOMPOK TANI DI DESA SIDOMULYO KECAMATAN GUNUNGWUNGKAL KABUPATEN PATI

Authors

  • Kasiaturrofiqoh Program Studi Agribisnis, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Indonesia
  • Risman Ramadwika Program Studi Agribisnis, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Indonesia

Keywords:

kelompok tani, penyuluh pertanian, peran edukator, peran motivator

Abstract

Sektor pertanian di Indonesia menghadapi berbagai tantangan seperti rendahnya produktivitas, keterbatasan adopsi teknologi, dan lemahnya kelembagaan kelompok tani. Kondisi ini menimbulkan masalah dalam peningkatan kapasitas dan kesejahteraan petani, khususnya di desa-desa agraris seperti Desa Sidomulyo Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati. Dalam konteks ini, peran penyuluh pertanian menjadi penting untuk menjawab permasalahan tersebut melalui kegiatan pendidikan nonformal dan pendampingan yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran penyuluh pertanian sebagai edukator dan motivator dalam meningkatkan kapasitas kelompok tani di Desa Sidomulyo Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran penyuluh sebagai edukator diwujudkan melalui kegiatan penyuluhan teknis, pelatihan budidaya, serta bimbingan lapangan yang relevan dengan kondisi lokal petani. Penyuluh juga berperan sebagai motivator yang mampu membangkitkan semangat kerja, meningkatkan partisipasi aktif anggota, serta menumbuhkan rasa percaya diri petani dalam mengelola usaha tani secara mandiri. Selain itu, penyuluh turut memperkuat kelembagaan kelompok tani melalui pendampingan administratif dan kaderisasi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyuluh pertanian berkontribusi terhadap peningkatan kelompok tani di Desa Sidomulyo, baik dari aspek sosial, ekonomi, maupun kelembagaan.

Downloads

Published

2025-08-31

Conference Proceedings Volume

Section

Artikel

Categories