PENINGKATAN PEMAHAMAN MENSTRUASI MELALUI PENYULUHAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA SISWI KELAS V DAN VI SDN 3 TAWANGREJENI KABUPATEN MALANG

Authors

  • Monica Ahmad Faradillah Program studi Biologi, Universitas Terbuka Kota Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

Keywords:

edukasi, kesehatan reproduksi, menstruasi, penyuluhan, sekolah dasar

Abstract

Kurangnya pemahaman tentang menstruasi pada anak perempuan usia sekolah dasar dapat menyebabkan kecemasan, miskonsepsi, dan kebiasaan menjaga kebersihan diri yang kurang baik. Intervensi edukatif dengan cara melakukan penyuluhan kesehatan reproduksi dapat membantu meningkatkan literasi anak terkait perubahan tubuh dan kesiapan menghadapi menstruasi. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penyuluhan kesehatan reproduksi dalam meningkatkan pemahaman tentang menstruasi pada siswi kelas V dan VI SDN 3 Tawangrejeni. Desain penelitian menggunakan pre-experimental one group pretest dan postest dengan jumlah sampel 18 siswi. Penyuluhan diberikan secara interaktif menggunakan media visual sederhana yang disesuaikan dengan usia sampel. Hasil yang diperoleh dianalisis dengan uji Wilcoxon dan menunjukkan peningkatan signifikan antara nilai pretest dan postest (p = 0,00). Hasil ini menunjukkan bahwa penyuluhan kesehatan reproduksi efektif dalam meningkatkan pemahaman menstruasi. Penyuluhan berkala sangat direkomendasikan kepada anak perempuan dengan tujuan mempersiapkan mental dan fisik dalam menghadapi menstruasi serta menjadi model edukasi di sekolah dasar lainnya.

Downloads

Published

2025-08-31

Conference Proceedings Volume

Section

Artikel

Categories