Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pelanggan Penjualan Sembako Koperasi PT. HAL di Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur
DOI:
https://doi.org/10.33830/semnasip.v2i1.6272Keywords:
kepuasan pelanggan, ketersediaan barang, koperasi, pelayanan, penjualanAbstract
Penelitian ini dilakukan koperasi PT. HAL di Sangkulirang Kutai Timur. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan di industri dagang pada layanan koperasi PT. HAL Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur. Adapun metode yang digunakan yaitu metode Kualitatif yang menggunakan studi kasus melalui pengumpulan data hasil wawancara mendalam, observasi lapangan dan dokumentasi terhadap pelanggan dan pihak pengelola koperasi yang bertujuan untuk menggali informasi serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pada penjualan di koperasi PT. HAL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan stok barang kebutuhan sehari-hari dan pelayanan yang ramah dan cepat adalah faktor utama yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Pihak koperasi harus lebih meningkatkan komunikasi yang baik antara pengelola koperasi dengan pelanggan untuk memperkuat hubungan jangka panjang dan menjadi dasar untuk menyusun strategi peningkatan layanan.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Ismanelli Lumbanraja

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
