Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pelanggan Penjualan Sembako Koperasi PT. HAL di Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur

Authors

  • Ismanelli Lumbanraja UT

DOI:

https://doi.org/10.33830/semnasip.v2i1.6272

Keywords:

kepuasan pelanggan, ketersediaan barang, koperasi, pelayanan, penjualan

Abstract

Penelitian ini dilakukan koperasi PT. HAL di Sangkulirang Kutai Timur. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan di industri dagang pada layanan koperasi PT. HAL Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur. Adapun metode yang digunakan yaitu metode Kualitatif yang menggunakan studi kasus melalui pengumpulan data hasil wawancara mendalam, observasi lapangan dan dokumentasi terhadap pelanggan dan pihak pengelola koperasi yang bertujuan untuk menggali informasi serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pada penjualan di koperasi PT. HAL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan stok barang kebutuhan sehari-hari dan pelayanan yang ramah dan cepat adalah faktor utama yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Pihak koperasi harus lebih meningkatkan komunikasi yang baik antara pengelola koperasi dengan pelanggan untuk memperkuat hubungan jangka panjang dan menjadi dasar untuk menyusun strategi peningkatan layanan.

Downloads

Published

2025-12-03