Strategi Komunikasi Pemasaran 7P Safa Trans Dalam Menarik Minat Pengguna Jasa Rental Mobil
DOI:
https://doi.org/10.33830/semnasip.v2i1.6283Keywords:
Bauran komunikasi pemasaran 7p, komunikasi pemasaran, strategi komunikasi pemasaran, pemasaran jasa, rental mobilAbstract
Strategi komunikasi pemasaran guna menarik minat pengguna jasa rental mobil yang dilakukan oleh Safa Trans sangat penting dilakukan karena dengan strategi, tujuan Safa Trans dapat tercapai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Safa Trans dalam menarik minat pengguna jasa rental mobil. Pendekatan strategi yang digunakan model bauran komunikasi pemasaran 7P dari Zeithaml dan Bitner yang terdiri dari product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence. Metode penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data model Milles dan Huberman. Teknik keabsahan data triangulasi sumber data. Hasil penelitian bahwa, product; Safa Trans menyediakan layanan rental mobil dengan pilihan unit mini bus dan elf, serta sewa fleksibel, price; harga kompetitif menyesuaikan kondisi pasar rental serta dapat dinegosiasikan, promotion;Safa Trans menggunakan personal selling melalui facebook dan whatsaap, direct marketing melalui whatsaap, dan word of mouth melalui relasi, karyawan, dan customer, place; rumah pemilik dijadikan lokasi strategis untuk pelayanan, people; pelayanan oleh tim kecil dengan komunikasi dan pelayanan yang baik, process; prosedur pelayanan fleksibel secara langsung maupun melalui media sosial dan terdapat pelayanan darurat bagi pengguna yang mengalami kendala, physical evidence; kebersihan, kenyamanan, dan kemudahan akses menuju lokasi merupakan komitmen dari Safa Trans
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Bimo Aji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
