Strategi Komunikasi Pemasaran 7P Safa Trans Dalam Menarik Minat Pengguna Jasa Rental Mobil

Authors

  • Bimo Aji Universitas Sahid Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33830/semnasip.v2i1.6283

Keywords:

Bauran komunikasi pemasaran 7p, komunikasi pemasaran, strategi komunikasi pemasaran, pemasaran jasa, rental mobil

Abstract

Strategi komunikasi pemasaran guna menarik minat pengguna jasa rental mobil yang dilakukan oleh Safa Trans sangat penting dilakukan karena dengan strategi, tujuan Safa Trans dapat tercapai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Safa Trans dalam menarik minat pengguna jasa rental mobil. Pendekatan strategi yang digunakan model bauran komunikasi pemasaran 7P dari Zeithaml dan Bitner yang terdiri dari product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence. Metode penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data model Milles dan Huberman. Teknik keabsahan data triangulasi sumber data. Hasil penelitian bahwa, product; Safa Trans menyediakan layanan rental mobil dengan pilihan unit mini bus dan elf, serta sewa fleksibel, price; harga kompetitif menyesuaikan kondisi pasar rental serta dapat dinegosiasikan, promotion;Safa Trans menggunakan personal selling melalui facebook dan whatsaap, direct marketing melalui whatsaap, dan word of mouth melalui relasi, karyawan, dan customer, place; rumah pemilik dijadikan lokasi strategis untuk pelayanan, people; pelayanan oleh tim kecil dengan komunikasi dan pelayanan yang baik, process; prosedur pelayanan fleksibel secara langsung maupun melalui media sosial dan terdapat pelayanan darurat bagi pengguna yang mengalami kendala, physical evidence; kebersihan, kenyamanan, dan kemudahan akses menuju lokasi merupakan komitmen dari Safa Trans

Downloads

Published

2025-12-03