Abstract
Permasalahan pendidikan yang saat ini banyak menjadi perdebatan adalah rendahnya literasi di sekolah dasar (SD). Peserta didik masih sulit memahami konten pembelajaran di sekolah apabila tingkat kemampuan litaerasi masih rendah. Adanya perubahan kurikulum yang menuntut literasi menjadi salah satu hal yang penting pada proses pembelajaran, menuntut peserta didik untuk membiasakan kegiatan literasi ini. Untuk itu penting untuk memberikan pendampingan yang dimulai dengan melatih guru SD mengenai TaRL (Teaching at the Right Level) dan dapat menerapkannya kepada siswa. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan pengajaran sesuai dengan tingkat kemampuan masing-masing peserta didik. Metode yang digunakan adalah berbentuk pendampinganyang diawali dengan survey, pelaksanan dengan memberikan materi dan diskusi, serta pendampingan implementasi. Peserta diikuti oleh guru 15 guru yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Sidokarto. Hasil kegiatan adalah semua peserta dapat memahami materi TaRL dengan baik dan akan mempraktekan pada saat melaksanakan proses pengajarannya pada siswa SD yang diajarkannya. Hasil pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari, didapatkan bahwa sebanyak 12 guru sudah memahami konsep dari TaRL, 10 guru sudah bisa merancang pembelajaran yang berbasis TaRL, dan sudah ada 5 guru yang sudah berhasil untuk mengimplementasikannya di dalam pembelajaran.
References
Banerjee Rukmini Banerji James Berry Esther Duflo Harini Kannan Shobhini
Mukherji Marc Shotland Michael Walton, A., Bansal, T., Bajracharya, S.,
Deshpande, A., Gonda, B., Firth, J., Larroulet, C., Lorenceau, A.,
Mazumdar, J., Rao, M., Rajwade, S., Sharma, P., Shields, J., Siddiqui, Z.,
Vaidya, Y., Wasserman, M., Welsh-, J., Banerjee, A., Banerji, R., …
Walton, M. (2016). Mainstreaming an effective intervention: Evidence
from randomized evaluations of “teaching at the right level” in India.
http://www.nber.org/papers/w22746
Erlina, N. (2021). JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
SAINS. Kesiapan calon guru IPA dalam pengembangan rencana
pembelajaran berbasis education for sustainable development. 4(3), 142–
Fitriani, S. N. (2022). Analisis peningkatan kemampuan literasi siswa dengan
metode adabta melalui pendekatan tarl. BADA’A: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 4(1), 69–78. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.580
Ganimian, A. J., & Murnane, R. J. (2016). Improving education in developing
countries: Lessons from rigorous impact evaluations. Review of
Educational Research, 86(3), 719–755.
https://doi.org/10.3102/0034654315627499
Jazuli, L. (2022). Teaching at the right level (tarl) through the all smart
children approach (sac) improves students’ literature ability. PROGRES
PENDIDIKAN, 3(3), 156–165.
https://doi.org/10.29303/prospek.v3i3.269
Kremer, M., Brannen, C., & Glennerster, R. (2013). The challenge of
education and learning in the developing world. In Science (Vol. 340,
Issue 6130, pp. 297–300). American Association for the Advancement of
Science. https://doi.org/10.1126/science.1235350
Muammar, M., & Megawati, M. (2023). Reinforcement kompetensi guru
dalam mengembangkan membaca permulaan siswa melalui pendekatan
teaching at the right level di Sekolah Dasar. Jurnal Participative: Jurnal
Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 36–51.
https://doi.org/10.55099/participative.v3i1.73
Ningsyih, S., Yulianci, S., Septian Haryati, M., & Taman Siswa Bima, S.
(n.d.). Analisis kemampuan literasi membaca peserta didik melalui
pembelajaran tarl pada program gemar literasi sekolah dasar. In Seminar
Nasional INOVASI Tahun. http://semnas.tsb.ac.id
Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun kualitas
pendidikan di Indonesia dalam mewujudkan program sustainable
development goals (sdgs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183
Saini, M., Sengupta, E., Singh, M., Singh, H., & Singh, J. (2023). Sustainable
development foal for quality education (SDG 4): A study on SDG 4 to
extract the pattern of association among the indicators of SDG 4
employing a genetic algorithm. In Education and Information
Technologies (Vol. 28, Issue 2). Springer US.
https://doi.org/10.1007/s10639-022-11265-4
Sanisah, S., Ayu Darmurtika, L., & Pendidikan Geografi, P. (2023).
Pendampingan implementasi pendekatan tarl (teaching at the right level)
untuk meningkatkan kemampuan literari murid. Journal of Character
Education Society), 6(2), 440–453.
https://doi.org/10.31764/jces.v6i2.14572
Saputra, A., & Taman Siswa Bima, S. (2022). Implementasi model
pembelajaran tarl dalam meningkatan kemampuan literasi dasar membaca
peserta didik di sekolah dasar kelas awal.