Reformulasi Produk dan Strategi Branding untuk Perluasan Pasar UMKM Desa Bojongloa
Keywords:
Perluasan pasar, reformulasi produk, strategi branding, umkmAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bermitra dengan UMKM Rengginang di Desa Bojongloa, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang. Kegiatan difokuskan pada reformulasi produk dan strategi branding untuk meningkatkan daya saing dan perluasan pasar bagi UMKM Rengginang. Sekitar 7% dari 3.229 penduduk desa Bojongloa terlibat dalam UMKM. 6,7% diantaranya terlibat dalam industri camilan tradisional, dan 43% dari mereka berfokus pada produksi rengginang. Tantangan utama yang dihadapi yaitu rendahnya popularitas rengginang, terutama di kalangan generasi muda. Hal tersebut membuat jangkauan pasar hanya pada lingkungan sekitar. PkM ini fokus pada inovasi dalam bentuk, rasa, logo, dan label rengginang untuk meningkatkan daya tarik dan daya saing produk tersebut. Reformulasi produk bertujuan menghadirkan perubahan yang sesuai dengan selera konsumen saat ini, sementara strategi branding melibatkan pembaruan pada logo dan label untuk membangun identitas merek yang lebih kuat. Pendekatan pemasaran online diterapkan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan visibilitas rengginang. Hasil dari strategi ini dapat memperluas pasar, meningkatkan penjualan, dan memperkuat posisi kompetitif UMKM Rengginang Desa Bojongloa di pasar regional maupun nasional
References
Apriani, N., & Said, R. W. (2022). Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 03, 2745–5939. https://doi.org/10.36722/jaiss.v%vi%i.1069
Aulia, F., Afriwan, H., & Faisal, D. (2021). KONSISTENSI LOGO DALAM MEMBANGUN SISTEM IDENTITAS. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 10.
Badang Pusat Statistik Desa. (2024). Data UMKM Desa Bojongloa [Data Excel]. Desa Bojongloa
Pengabdian Masyarakat, J., Dwi Imani, R., Sucipto, H., Afridah, N., Syaifulloh, M., bambang Riono, S., & Muhadi Setiabudi, U. (n.d.). E ISSN : 2986=5603 Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa Randusanga Wetan. https://e- journal.citakonsultindo.or.id/index.php/CITAKARYA
Sumedang Tandang (n.d). Desa Bojongloa. Sumedang Tandang. https://sumedangtandang.com/direktori/detail/desa-bojongloa.htm
Wibowo, T. (2021). Studi Penetrasi Aplikasi Media Sosial Tik-Tok Sebagai Media Pemasaran Digital: Studi Kasus Kota Batam (Vol. 1, Issue 1). https://journal.uib.ac.id/index.php/conescintech
Zanuar Rifai, & Meiliana, D. (2020). PENDAMPINGAN DAN PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI UMKM TERDAMPAK PANDEMI
COVID-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604–609. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540