ECOPRINT: OPTIMALISASI POTENSI LINGKUNGAN SEKOLAH MELALUI PEMBELAJARAN PROJEK BERBASIS KEARIFAN LOKAL
Keywords:
ecoprint, kearifan lokal, pembelajaran berbasis projek.Abstract
Pembuatan ecoprint adalah aplikasi mata pelajaran Prakarya dan Pendidikan Kewirausahaan menggunakan model projek berbasis kearifan lokal. Hal ini mengingat lingkungan memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan, terutama penggunaan daun dan bunga yang tersedia di sekitar sekolah. Tujuan kegiatan adalah mengintegrasikan model pembelajaran projek berbasis kearifan lokal dalam seni cetak ecoprint pada media kain dan kertas, dengan memanfaatkan tanaman yang ada dilingkungan sekolah, sehingga dapat meningkatkan daya kreatifitas peserta didik. Metoda pelaksanaan kegiatan adalah pendampingan langsung oleh guru mata pelajaran Prakarya dan Pendidikan Kewirausahaan kepada peserta didik pada saat jam mata pelajaran berlangsung. Kegiatan dimulai dari persiapan, pelaksanaan dan gelar karya. Hasil refleksi kegiatan dari peserta didik menunjukkan bahwa penggunaan proses pembelajaran model projek berbasis kearifan lokal mendapatkan respon lebih dari 78% yang menjawab setuju dan sangat setuju. Sedangkan refleksi terhadap proses pembuatan ecoprint mendapatkan respon lebih dari 77% yang menjawab setuju dan sangat setuju. Hal ini mengindikasikan bahwa pembuatan ecoprint menggunakan model pembelajaran projek berbasis kearifan lokal diterima dengan baik dan efektif dalam mengembangkan keterampilan peserta didik, merangsang kreatifitas, serta meningkatkan kesadaran terhadap potensi yang terdapat di lingkungan sekitar.
References
Anisah, N., Khatimah, H., & Supratno, S. (2023). Pelatihan Pembuatan Totebag Dengan Menggunakan Teknik Ecoprint Di Desa Karangpatri. An-Nizam, 2(3), 140-148.
Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, critical thinking dancreative thinking) untukmenyongsong era abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i-xiii.
Azizah, N., Romli, A. A., Ardana, M. F., & Iftikhariyah, E. H. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Steam Melalui Pelatihan Pembuatan Ecoprint Untuk Mengempangkan Kreativitas Siswa Pada Abad 21. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6100-6113.
Hafsah, H., Bismala, L., Handayani, S., Hasibuan, L. S., & Siregar, G. (2023). Peranan Pendidikan Kewirausahaan dalam Menumbuhkan Intensi Kewirausahaan Mahasiswa. Probisnis, 16(2), 75-89.
Imamuddin, M. (2022). Merancang model pembelajaran matematika kontekstual Islami berbasis literasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(1), 75-89.
Muhali, M. (2019). Pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25-50.
Oktariana A. E. (2023). Implementasi Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Tema Kearifan Lokal di Sekolah Dasar Negeri Jombor 01 Sukoharjo-1952000159 (Doctoral dissertation, Universitas Veteran Bangun Nusantara).
Saptutyningsih, E., & Wardani, D. T. K. (2019). Pemanfaatan bahan alami untuk pengembangan produk ecoprint di Dukuh IV Cerme, Panjatan, Kabupaten Kulonprogo. Warta Lpm, 21(2), 18-26.
Setyawan, D., & Pratama, D. (2020). Pembelajaran Berbasis Projek pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(1), 88-98.
Syaflin, S. L., Ayurachmawati, P., Sunedi, S., Dedy, A., & Ifnuari, M. R. (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3817-3823.
Wahyudi, I. (2019). Pembelajaran berintegrasi life skills dalam mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan untuk mengembangkan potensi diri siswa kelas XI IPS di MAN kota Batu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).