PEMBERDAYAAN GURU DALAM PENGEMBANGAN LKPD DIGITAL DENGAN PENDEKATAN GAME INTERAKTIF MATEMATIKA UNTUK PENINGKATAN KETRAMPILAN PESERTA DIDIK BERPIKIR KRITIS, KREATIF, KOMUNIKATIF, DAN KOLABORATIF
PEMBERDAYAAN GURU DALAM PENGEMBANGAN LKPD DIGITAL
Keywords:
Berpikir kritis, kreatif, komunikatif, kolaboratif, LKPD digital, Model ADDIEAbstract
Guru-guru Sekolah Dasar (SD) di Wilayah Surabaya, Jombang dan Mojokerto pada dasarnya sudah banyak yang menguasai teknologi, namun para guru banyak yang belum mampu mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis teknologi. Oleh karena itu, tim pengabdian masyarakat memandang perlu untuk melakukan pemberdayaan guru guru melalui workshop, demonstrasi dan pendampingan dalam pengembangan perangkat pembelajaran yang berbasis teknologi antara lain LKPD berbasis digital. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberdayakan guru guru SD di wilayah Surabaya, Jombang dan Mojokerto untuk mampu mengembangkan LKPD digital dengan pendekatan game interaktif matematika, yang dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif. Untuk membekali para guru dapat membuat perangkat pembelajaran dengan benar dan baik, maka juga dilatihkan langkah langkah pengembangan perangkat pembelajaran model ADDIE (Analize, Design, Develop, Implementation and Evaluate). Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini terdiri dari 3 tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan terdiri dari koordinasi dan penyiapan materi pelatihan dan angket. Pelaksanaan terdiri dari workshop, demonstrasi, diskusi, dan pendampingan di lapangan. Pada kegiatan workshop juga dijelaskan pengembangan perangkat pembelajaran dengan model ADDIE. Pada tahap evaluasi, guru mengisi angket. Setelah menyelesaikan workshop dan pendampingan, para guru akhirnya mampu membuat LKPD digital dengan pendekatan game interaktif matematika. Hasil kegiatan ini menunjukan adanya peningkatan pengetahuan terhadap langkah langkah pengembangan perangkat pembelajaran dengan model ADDIE. Peningkatan keterampilan juga telah tampak bagi para guru di Surabaya, Jombang dan Mojokerto untuk mengembangkan LKPD digital dengan pendekatan game interaktif matematika yang mampu meningkatkan keterampilan peserta didk berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif
References
Mariam, N., & Nam, C.-W. (2019). The development of an ADDIE based instructional model for ELT in Early Childhood Education. Educational Technology International, 20(1), 25–55
Syadidul Itqan, Moh. “pendekatan game android untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa sekolah dasar”. Jurnal EduMatSains, 2 (2) Januari 2018, 161-170
Zuliana, 2023. Repositori UT. Tesis: Pengembangan Game Interaktif Matematika (Gimat) Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI SD