MEWUJUDKAN KETAHANAN EKONOMI MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING DESA WISATA DAN UMKM DESA PERLANG
Keywords:
Desa Perlang, Desa Wisata, Digital Marketing, Ketahanan Ekonomi, UMKMAbstract
Destinasi wisata Danau Pading, Bukit Pading, Air Terjun Sadap, dan Gusung Perlang merupakan empat potensi unggulan sektor pariwisata yang ada di Desa Perlang. Pengembangan kawasan wisata ini membutuhkan dukungan Pemerintah Desa, partisipasi masyarakat dan mitra. Terlebih, Desa Perlang memiliki banyak potensi wisata yang luar biasa, sehingga pengembangannya memerlukan banyak biaya dan dukungan partisipasi mitra. Biaya dan partisipasi ini harus berkelanjutan dan selanjutnya harus mandiri terutama untuk perawatan, peremajaan sarana prasarana, dan inovasi serta pengembangan. Tim PKM menyoroti pada salah satu objek wisata yaitu Danau Pading, karena objek wisata ini berada di titik awal kunjungan sebelum ke objek wisata lainnya, bentang alam yang landai, pondok-pondok pengunjung, tempat swafoto menarik di solek agar lebih menarik perhatian. Program PKM dilaksankan dalam tiga tahap, meliputi Kegiatan pelatihan dan pendampingan digital marketing bagi kelompok sadar wisata (pokdarwis) menggunakan media sosial dan media player menjadi strategi mempromosikan Desa Wisata Perlang yang tujuannya agar kawasan wisata lebih dikenal oleh masyarakat secara luas. Selanjutnya, kegiatan pelatihan strategi digital marketing bagi masyarakat pelaku UMKM Desa Perlang sebagai bagian pendukung Desa Wisata. Monitoring dan evaluasi dilakukan dalam kegiatan pendampingan, untuk memastikan manfaat yang dirasakan dan penyiapan sarana prasarana penunjang. Sebagai bagian dari diversifikasi ekonomi pedesaan, pelatihan digital marketing desa wisata perlang dan strategi digital marketing UMKM berhasil meningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta ketahanan ekonomi masyarakat Desa Perlang
References
Christianingrum, Roanisca, O., & Hidayat. (2021). Komersialisasi Produk dan Pendampingan PIRT sebagai upaya Peningkatan kualitas Perekonomian Kelompok Usaha melati. JURNAL IKRAITH-ABDIMAS, 4(3), 306–310.
Jon. (2022, November). Desa Perlang Raih Juara 3 Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2022. Negeri Laskar Pelangi, 267, 9.
Maghfiroh, M. F. N., Indrawati, S., Janari, D., & Purnomo, M. R. A. (2023). Pelatihan Pemasaran Digital dan Pengelolaan Desa Wisata Berbasis Masyarakat di Kawasan Sapuangin, Klaten, Jawa Tengah. JATTEC, 4(2), 34–41.
Mulyati, T., Susilo, H., Rohmatiah, A., & Haryani, A. T. (2022). Membangun Desa Wisata Sinergi Antara Potensi dan Pemberdayaan. In S. S. Nugroho (Ed.), Lakeisha. Llakeisha. https://muaraenimterkini.com/membangun-desa-wisata/
Noor, M. F., & Zulfiani, D. (2021). Indikator Pengembangan desa Wisata. In H. Almumtaza (Ed.), Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi (1st ed.). CV. Literasi Nusantara Abadi. repository.unmul.ac.id
Rahayu, S., Harahap, F. R., & Sinarbutar, M. J. (2024). Alih Fungsi Lahan Pasca Tambang menjadi Destinasi Wisata Danau Pading di Desa Perlang Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah. Jurnal Ilmu Sosial, 4(8), 1–15.
Susilo, A., Hidayah, U., Putri, E. P., & Mulyana, A. (2022). Peningkatan Perekonomian Masyarakat Melalui Industri Pariwisata Di Desa Wates Jaya Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1A), 1–8. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1a.2950
Triman, T., Rumata, N. A., Soetijono, I. K., Hippy, M. Z., R, S. A., Pandarangga, A. P., Anwarudin, O., Malau, K. M., Pardosi, H. F., Mursalim, Daulay, A. P., Sugiarto, M., & Putra, H. S. (2024). Membangun Desa. In A. Karim (Ed.), Yayasan Kita Menulis (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Warsihna, J., Farisi, I., Prastati, T., Heriani, & Nursantoso, T. (2023). Penguatan Desa Wisata dan Optimalisasi UMKM Melalui Peningkatan Kualitas Manajemen Masyarakat Kepulauan Seribu. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 99–106.
Yusuf, Y., & Christaningrum, C. (2022). Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi melalui Pelatihan Digital Marketing Bagi UMKM. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4895–4898. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1093
Yusuf, Y., Prayoga, G. I., & Christianingrum, C. (2023). Rintisan Desa Wisata Budaya melalui Pemberdayaan Kearifan Lokal dan Pemanfaatan Digital Marketing. Journal on Education, 6(1), 8557–8565. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4296%0Ahttps://jonedu.org/index.php/joe/article/download/4296/3514