Pengembangan Desa Binaan Melalui Ekonomi Kreatif Sektor Pariwisata Pasar Terapung “Lok Baintan” di Desa Paku Alam Kabupaten Banjar Tahap II

”Hilirisasi Produk UMKM Desa Binaan”

Authors

  • Mochamad Priono Univ. Terbuka Banjarmasin
  • Yuli Triana Universitas Terbuka
  • Jumriadi Universitas Terbuka
  • St. Aisyah Universitas Terbuka
  • Jamilah Universitas Terbuka
  • Sri Rahayu Universitas Terbuka
  • Damang Jati Ramadhan Universitas Terbuka
  • Sigit Gustanto Universitas Terbuka

Keywords:

standarisasi produk, perijinan dan sertifikasi, perluasan pangsa pasar

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakah lanjutan (tahap II) dari tahun sebelumnya. Menyadari bahwa Program pengabdian kepada Masyarakat (PkM) tidak cukup hanya sekedar memberikan keterampilan mengolah bahan baku yang berasal dari daerah setempat menjadi sebuah produk unggulan, tetapi juga harus dibarengi dengan upaya tindak lanjut dari produk yang telah dibuat. Dengan kata lain perlu dilakukan upaya lebih lanjut agar produk bina desa tersebut mampu memasuki pasar lokal, regional, nasional, dan jika memungkinkan ke pasar global. Untuk itu perlu dilakukan upaya-upaya terstuktur dan sistematis agar produk unggulan desa binaan Paku Alam (Seluang Krispy) mampu menembus pasar tersebut. Tujuan dari kegiatan Pengembangan Desa Binaan Melalui Ekonomi Kreatif SektorPariwisata Pasar Terapung “Lok Baintan” di Desa Paku Alam Kabupaten Banjar Tahap II adalah meningkatkan kemampuan masyarakat binaan untuk membuat produk berstandar, halal dan memiliki pangsa pasar yang lebih luas, baik ditingkat lokal maupun regional. Dengan kata lain tahap 2 PkM ini memasuki fase hilirisasi produk. Metode yang akan dilakukan untuk mensukseskan tujuan tersebut adalah dengan studi banding ke pusat produksi makanan lokal yang lebih maju, memberikan pelatihan standar produk makanan, perijinan dan sertifikasi, pengembangan keterampilan pemasaran lokal dan market place. Hasil dari PkM adalah telah diperoleh NIB, PIRT, dan sertifikat halal, peluang menjual produk di pasar lokal dan Shopee.

References

Hafidha, Rasyida Nur dan Lea Emilia Farida, 2018. Potensi dan Strategi Pengembangan

Destinasi Wisata Sungai Sebagai Daya Tarik Pariwisata Kota Banjarmasin.

Prosiding Seminar Nasional ASBIS 2018. Politeknik Banjarmasin.

Hubeis, A.,V., 2016, Komunikasi Inovasi. ISBN 9790112145, Penerbit Karunika, Universitas Terbuka. Jakarta.

Downloads

Published

28-05-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles