Melukis Pesona Pantai Galung: Sinergi Alam dan Masyarakat Desa Juruan Daya dalam Bingkai Pemberdayaan Wisata
Keywords:
Pemberdayaan Masyarakat, Wisata Pantai, Pariwisata BerkelanjutanAbstract
Pantai Galung memiliki potensi alam yang luar biasa untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata unggulan. Namun, optimalisasi potensi tersebut tidak dapat dilakukan tanpa peran aktif masyarakat setempat. Artikel ini membahas sinergi antara keindahan alam Pantai Galung dan upaya pemberdayaan masyarakat Desa Juruan Daya dalam pengembangan destinasi wisata berbasis komunitas. Melalui pendekatan partisipatif, masyarakat diberdayakan untuk mengambil peran dalam pelestarian lingkungan dan pengelolaan objek wisata yang berkelanjutan. Kegiatan pengabdian ini memberikan dampak signifikan, antara lain peningkatan kesadaran lingkungan, keterampilan ekonomi kreatif, serta pengelolaan wisata berbasis lokal. Respons masyarakat terhadap kegiatan ini sangat positif, dengan antusiasme tinggi dalam mengikuti program pelatihan dan keterlibatan aktif dalam berbagai inisiatif yang ditawarkan. Kajian ini menunjukkan bahwa kolaborasi antara alam dan masyarakat tidak hanya memberikan dampak ekonomi, tetapi juga memperkuat identitas lokal serta menjaga warisan budaya. Dengan memadukan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi, Pantai Galung tidak hanya menjadi daya tarik wisata, tetapi juga menjadi simbol harmonisasi kehidupan alam dan masyarakatnya.
References
References [Times New Roman, 12-point, left alignment, upper and lower case] should be cited according to the American Psychological Association Style (APA Style) https://apastyle.apa.org/
Avery, R. J., Bryant, W. K., Mathios, A., Kang, H., & Bell, D. (2006). Electronic course evaluations: Does an online delivery system influence student evaluations? The Journal of Economic Education, 37(1), 21–37. https://doi.org/10.3200/JECE.37.1.21-37
Boysen, G. A. (2015b). Significant interpretation of small mean differences in student evaluations of teaching despite explicit warning to avoid overinterpretation. Scholarship of Teaching and Learning in Psychology, 1(2), 150–162. https://doi.org/10.1037/stl0000017
Dewar, J. M. (2011). Helping stakeholders understand the limitations of SRT data: Are we doing enough? Journal of Faculty Development, 25(3), 40–44.
Dommeyer, C. J., Baum, P., & Hanna, R. W. (2002). College students’ attitudes toward methods of collecting teaching evaluations: In-class versus on-line. Journal of Education for Business, 78(1), 11–15. https://doi.org/10.1080/08832320209599691
Gilovich, T., Griffin, D., & Kahneman, D. (Eds.). (2002). Heuristics and biases: The psychology of intuitive judgment. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511808098
Venette, S., Sellnow, D., & McIntyre, K. (2010). Charting new territory: Assessing the online frontier of student ratings of instruction. Assessment & Evaluation in Higher Education, 35(1), 101–115. https://doi.org/10.1080/02602930802618336
Webb, E. J., Campbell, D. T., Schwartz, R. D., & Sechrest, L. (1966). Unobtrusive measures: Nonreactive research in the social sciences. Rand McNally.