Membangun Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Guru: Implementasi Program Teacherpreneur di CLC FGV Sahabat, Sabah, Malaysia
Keywords:
CLC FGV, Entrepreneurship, teacherpreneur, community serviceAbstract
CLC FGV Sahabat Lahad Datu, Sabah Malaysia, merupakan bagian dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia. Sebagian besar guru di CLC FGV Sahabat adalah guru lokal dengan gaji rata-rata sebesar 1.500 ringgit Malaysia per bulan atau kurang lebih setara dengan Rp5.418.750,00, di bawah standar gaji rata-rata pekerja guru di Malaysia. Oleh karena itu, penting bagi guru-guru ini untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan guna meningkatkan kesejahteraan mereka. Selain itu, kurangnya forum pelatihan menyebabkan kompetensi para guru tidak berkembang secara optimal, terutama dalam menyerap kemajuan teknologi yang dapat mendukung pekerjaan mereka. Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada 13 Juni 2024 di Lahad Datu, Sabah, dan melibatkan 40 guru yang sebagian besar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Kegiatan ini terdiri dari ceramah dan diskusi interaktif mengenai pengembangan jiwa kewirausahaan melalui program teacherpreneur. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman para guru terhadap konsep teacherpreneur dan pentingnya kewirausahaan, terutama dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung pembelajaran dan meningkatkan kesejahteraan. Dampak positif yang diharapkan dari program ini adalah terciptanya lingkungan pendidikan yang lebih adaptif dan inovatif, di mana guru-guru dapat lebih mandiri, mengembangkan potensi kewirausahaan, dan meningkatkan kualitas pengajaran mereka. Program ini juga membuka peluang pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran, yang berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan di CLC FGV Sahabat secara berkelanjutan.
References
Baedhowi., & Azizah, F. N. (2024). Penguatan literasi finansial berbasis teacherpreneurship bagi guru di Temanggung sebagai upaya menghindari jerat pinjol. Masyarakat Berdaya dan Inovasi, 5(2), 2024, 88-92.
Barjesteh, H., Rad, N. F., & Isaee, H. (2025). Let’s Think Aloud on Teacherpreneurship: A Phenomenological Study through the Lens of EFL Teachers. Research Square: In Review. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-5640572/v1
Kusuma, A. I., Sari, W. P., & Hikmawati, A. (2021). Peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan melalui pelatihan teacherpreneur berbasis digital profile builder. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), 2476-2487.
Liu, D., Chaemchoy, S., & Siribanpitak, P. (2024). Unlocking teacherpreneur potential in higher education: validating a competency measurement scale. Education Sciences, 14(9), 1005. https://doi.org/10.3390/educsci14091005
Miranda, M., Hasan, M., Ahmad, M. I. S., Tahir, M. I. T., & Dinar, M. (2021). Pendidikan kecakapan hidup pada sekolah dasar berbasis kewirausahaan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 231. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4960