Kombinasi Pembelajaran Efektif Bahasa Inggris dengan Objek Wisata yang Dapat Menarik bagi Para Pengunjung
Keywords:
Aktualisasi siswa berbahasa inggris, Metode kontekstual, Pembelajaran bahasa inggris, Penggunaan bahasa aktif dan autentik berkelanjutanAbstract
Abstrak
Pembelajaran bahasa Inggris yang efektif sangat penting untuk meningkatkan keterampilan bahasa siswa di era globalisasi. Pembelajaran bahasa Inggris dapat ditingkatkan dengan metode kontekstual yang memanfaatkan tempat wisata, telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa. Melalui pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana objek wisata dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan keterampilan berbahasa inggris siswa yang menjadi metode pelaksanaanya. Melalui observasi, ditemukan bahwa menggabungkan elemen budaya, sejarah, dan pengalaman langsung dengan objek wisata dapat memperkaya kosa kata, meningkatkan pemahaman tata bahasa, dan mendorong keterampilan berbicara dan mendengarkan. Selain itu, bahwa praktik berkelanjutan, keterampilan berbahasa, dan keterlibatan aktif siswa dan umpan balik konstruktif memainkan peran sangat penting dalam pencapaian tujuan bahasa. Pembelajaran berbasis objek wisata tidak hanya meningkatkan kemampuan bahasa siswa, tetapi juga menumbuhkan minat dan motivasi mereka untuk belajar bahasa inggris. Pembelajaran yang mengkombinasikan objek wisata dengan materi bahasa inggris juga meningkatkan apresiasi terhadap budaya local dan internasional, serta mendorong penggunaan bahasa secara aktif dan autentik. Oleh karena itu, pendekatan ini dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan keterampilan bahasa dan kesadaran budaya siswa dalam belajar di luar kelas sebagai bentuk aktualisasi diri. Dengan demikian penggabungan pembelajaran bahasa inggris dengan objek wisata bisa menjadi suatu pendekatan yang efektif untuk meningkatkan keterampilan bahasa dan kesadaran budaya dalam meningkatkan keterlibatan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Aktualisasi siswa berbahasa inggris, Metode kontekstual, Pembelajaran bahasa inggris, Penggunaan bahasa aktif dan autentik berkelanjutan
References
Sanita, Marta., & Nurhaswinda. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Metode Pembelajaran Field Trip. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/1224/968
Mubarok, Saefudin, & Rofiah. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pronunciation Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/416
Naiborhu, (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Bermain Peran. https://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/331/278
Fatimah, & Sari. (2018). Strategi Belajar & Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa.
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/article/view/3210/274
Susini, & Ndruru. (2020). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/licosjournal/article/view/2732/1982.