IMPELEMENTASI BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DIDESA CILEMBU
Keywords:
Efektivitas Blended Learning, Peningkatan Minat dan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris, Video Pembelajaran dan Kuis InteraktifAbstract
Pesatnya perkembangan teknologi di era digital ini telah menciptakan banyak terobosan baru dalam sistem pendidikan. Blended learning, sebagai salah satu metode belajar digital, diadopsi untuk meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas pembelajaran, serta mengakomodasi gaya belajar di era digital. Blended learning mengombinasikan proses pembelajaran luring dan daring untuk menjembatani ruang dan waktu, melalui platform daring seperti video pembelajaran dan kuis interaktif yang bertujuan meningkatkan minat belajar siswa. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan blended learning pada pembelajaran bahasa Inggris tingkat SMP di Desa Cilembu serta tantangannya. Metode pelaksanaan menggunakan metode kontekstual yang mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman nyata agar lebih relevan. Pengambilan data dilakukan melalui observasi yang melibatkan siswa tingkat menengah dan guru bahasa Inggris setempat. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa kegiatan blended learning pada mata pelajaran bahasa Inggris berhasil meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, interaksi langsung selama tatap muka memberikan kesempatan bagi siswa untuk lebih aktif dan melatih kemampuan berbicara. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan internet dan kemampuan teknologi, hal ini dapat diatasi dengan baik. Penerapan blended learning dapat dijadikan sebagai solusi alternatif untuk meningkatkan minat dan kualitas pembelajaran bahasa Inggris.
References
Handoko, H., & Waskito, W. (2018). Blended Learning: Teori dan Penerapannya. Sihabudin, Sihabudin. (2021) Blended Learning Strategi Pembelajaran Di Era Digital. Pustaka Learning Center.
Dwiyogo, W. D. (2021). Pembelajaran berbasis blended learning.
Bonk, C. J., & Graham, C. R. (2012). The handbook of blended learning: Global perspectives, local designs. Wiley+ ORM.
Utomo, S. W., & Wihartanti, L. V. (2019). Penerapan strategi blended learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada era revolusi industri 4.0. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 30.
Sari, A. I. (2021). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar pada Tema Menuju Masyarakat Sejahtera Siswa Kelas VI (Studi Kasus di SD Negeri 1 Kemujan pada Era Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021).
Osguthorpe, R. T., & Graham, C. R. (2003). Blended learning environments. Quarterly review of distance education, 4(3).
Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473-480.
Andriyani, T., Firdaus, Y., & Ummasyroh, U. (2021). Dampak Revolusi Industri
4.0 Pada Dunia Pendidikan di Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 1(2), 78-86.