OPTIMALISASI BRANDING BUDAYA DAN EKOWISATA PULAU SAMOSIR DESA SIALLAGAN

Indonesia

Authors

  • Adrianto Universitas Terbuka
  • Yushita Marini Universitas Terbuka
  • Yasir Riady Universitas Terbuka
  • Fajar Saigun Wibowo Universitas Terbuka
  • Husni Mubarak Universitas Terbuka
  • Susanti Universitas Terbuka

Keywords:

Branding, budaya, ekosistem, Pulau Samosir, Batak Toba

Abstract

Desa Siallagan sebagai salah satu desa wisata yang berada di Pulau Samosir merupakan salah satu desa yang memiliki bangunan cagar budaya Suku Adat Batak Toba dan berbagai kerajinan tekstil tradisional yang dapat dikembangkan sebagai ekowisata yang memberikan penghasilan kepada masyarakat setempat. Kurang optimalnya penataan desa, kurangnya fungsi aparatur desa dalam memfasilitasi aktivitas sosial, ekonomi dan budaya masyarakat setempat merupakan salah satu permasalahan yang memerlukan pemberdayaan dalam masyarakatnya. Oleh karena itu, Pendidik Universitas Terbuka melakukan Pemberdayaan Desa Binaan (PDB) dalam Optimalisasi Branding Budaya dan Ekowisata Pulau Samosir Desa Siallagan melalui pengarahan, pelatihan dan pendampingan terhadap kegiatan pengabdian kepada masyarakat Desa Siallagan Pulau Samosir. Hasil Kegiatan ini masyarakat dapat lebih mengoptimalkan kepedulian budaya dalam branding dan kegiatan ekowisata dalam meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan meningkatkan potensi Sumber Daya Manusianya.

References

Aulia, A. N., & Hakim, L. (2017). Pengembangan Potensi Ekowisata Sungai Pekalen Atas, Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Jurnal Wilayah dan Lingkungan, 5(3), 156. https://doi.org/10.14 710/jwl.5.3.156- 167

Evareny, Y., Ricky, A., & Sunarminto, T. (2018). Analisis Persepsi Terhadap Ekologi dalam Pengembangan Ekowisata di Kabupaten Sleman (Analysis of Perception towards Ecology in Ecotourism Development in Sleman Regency). Analisis Persepsi Terhadap Ekologi, 4, 1–7.

Fadli R., and Aulia D.N. (2019). Pelestarian Permukiman Tradisional Batak Toba di Kawasan Ekowisata Tano Ponggol, TALENTA Conference Series, EE Conference Series 02, 93-99.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. New York: Pearson Education.

Marini, Yushita, dkk (2023). Potensi Pengembangan Desa Wisata dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat dengan Menggunakan Analisis SWOT di Desa Pematang Serai. Journal of Education, Humaniora, and Social Sciences (JEHSS), Vol 5, No 3. DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v5i3.1581

Sudarwani M.M., Widati G., Situmorang B.L., Sere F. (2022). The Beauty of Toba Architecture Living in harmony with the surrounding natural environment, Local Wisdom Scientific. Online Journal, 14(2): 116-130.

Tampubolon, K., Elazhari, E., Lubis, R. H., Tanjung, A. M., Siregar, B., & Manullang, M. (2023). Analisis, Diskusi dan Memberikan Saran Strategi Pengenalan Kawasan Wisata dengan Pelaku Pengelola Kawasan Wisata di Bukit Lawang. Journal Liaison Academia and Society, 3(2), 23-31.

Widiyanto, Y. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Wisatawan untuk Berkunjung ke Pulau Samosir. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 12(2), 131-145.

Downloads

Published

28-05-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles