IMPLEMENTASI ROLE PLAY BERBASIS BUKU SERI ‘SIKAP BAIK’ DALAM MENINGKATKAN KARAKTER ANAK

Authors

  • Refisa Ananda Universitas Terbuka
  • Rahma Dewi Hartati Universitas Terbuka
  • Murni Maulina Universitas Terbuka
  • Habiburrahman Universitas Terbuka
  • Ratu Badriyah Universitas Terbuka

Keywords:

role play, character education, children, literacy

Abstract

Pembentukan karakter anak adalah aspek penting dalam pendidikan yang berdampak pada perkembangan sosial dan moral anak. Pendidikan formal sering kali terbatas dalam mengajarkan nilai-nilai karakter secara praktis. Untuk mengatasi hal ini, metode role play berbasis buku Seri Sikap Baik digunakan sebagai pendekatan inovatif dalam program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan di Komunitas Kamila Membaca. Metode ini fokus pada pengajaran nilai-nilai karakter seperti berbagi, meminta maaf, mengucapkan terima kasih, dan meminta tolong melalui bermain peran. Pelaksanaan kegiatan PKM ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dengan melibatkan kolaborasi antara tim PKM dan pengelola komunitas. Anak-anak diharapkan mampu memahami dan menginternalisasi nilai-nilai karakter melalui pengalaman langsung yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa metode role play berbasis buku Seri Sikap Baik efektif dalam meningkatkan pemahaman anak-anak tentang nilai-nilai karakter dan mendorong penerapan nilai-nilai tersebut dalam interaksi sosial mereka. Melalui program ini, tercipta sinergi antara lembaga pendidikan dan komunitas dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan karakter anak. Dengan hasil yang positif, kegiatan PKM ini berpotensi untuk diimplementasikan secara berkelanjutan dan menjadi model bagi program sejenis di komunitas lain.

References

Aura, I., Järvelä, S., Hassan, L., & Hamari, J. (2023). Role-play experience’s effect on students’ 21st century skills propensity. Journal of Educational Research, 116(3). https://doi.org/10.1080/00220671.2023.2227596

Berry, L. A., & Kowal, K. B. (2022). Effect of Role-Play in Online Discussions on Student Engagement and Critical Thinking. Online Learning Journal, 26(3). https://doi.org/10.24059/olj.v26i3.3367

Brown, L. G., & Chidume, T. (2023). Don’t forget about role play: An enduring active teaching strategy. Teaching and Learning in Nursing, 18(1). https://doi.org/10.1016/j.teln.2022.09.002

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Eureka Media Aksara.

Maulana, I., & Lolita, Y. (2023). The Effectiveness of Role-Play To Improve Student’s Speaking Achievement. ELite Journal : International Journal of Education, Language, and Literature, 3(2).

Nuryati, N., Muthmainnah, M., Lubis, H. Z., Talango, S. R., Ibrohim, B., & Nadjih, D. (2021). Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Anak Usia Dini Selama Masa Learning From Home. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v6i2.4649

Aura, I., Järvelä, S., Hassan, L., & Hamari, J. (2023). Role-play experience’s effect on students’ 21st century skills propensity. Journal of Educational Research, 116(3). https://doi.org/10.1080/00220671.2023.2227596

Berry, L. A., & Kowal, K. B. (2022). Effect of Role-Play in Online Discussions on Student Engagement and Critical Thinking. Online Learning Journal, 26(3). https://doi.org/10.24059/olj.v26i3.3367

Brown, L. G., & Chidume, T. (2023). Don’t forget about role play: An enduring active teaching strategy. Teaching and Learning in Nursing, 18(1). https://doi.org/10.1016/j.teln.2022.09.002

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Eureka Media Aksara.

Maulana, I., & Lolita, Y. (2023). The Effectiveness of Role-Play To Improve Student’s Speaking Achievement. ELite Journal : International Journal of Education, Language, and Literature, 3(2).

Nuryati, N., Muthmainnah, M., Lubis, H. Z., Talango, S. R., Ibrohim, B., & Nadjih, D. (2021). Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Anak Usia Dini Selama Masa Learning From Home. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v6i2.4649

Rønning, S. B., & Bjørkly, S. (2019). The use of clinical role-play and reflection in learning therapeutic communication skills in mental health education: An integrative review. In Advances in Medical Education and Practice (Vol. 10). https://doi.org/10.2147/AMEP.S202115

Sinaga, R. T. B., & Dafit, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd Negeri 159 Pekanbaru. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6401–6415.

Steube, M., Wilde, M., & Basten, M. (2024). Does role play manipulate students? Persuasive effects of role play on students’ attitude and behavior regarding a socioscientific issue. Journal of Research in Science Teaching, 61(7). https://doi.org/10.1002/tea.21910

Winardy, G. C. B., & Septiana, E. (2023). Role, play, and games: Comparison between role-playing games and role-play in education. In Social Sciences and Humanities Open (Vol. 8, Issue 1). https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100527

Downloads

Published

28-05-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles