PENDAMPINGAN USAHA PADA UMKM KUE BASAH NOVA CAKE’S

Authors

  • Raflen Aril Gerungan Universitas Terbuka
  • Safriansyah Universitas Terbuka
  • Yasir M. Pidu Universitas Terbuka
  • Nur Asiah Universitas Terbuka

Keywords:

Pendampingan Usaha, UMKM, Kue Basah

Abstract

Nova Cake’s merupakan usaha UMKM rumahan yang memproduksi kue basah dengan fokus pada varian kue panada, cucur, bolu gula merah, dan bolu pandan. Permintaan kue basah Nova Cake’s digemari oleh masyarakat karena memiliki cita rasa yang khas. Persaingan pasar, kuantitas dan kualitas produksi kue menjadi masalah dalam keberlanjutan usaha ini. Tujuan kegiatan ini memberikan pengetahuan, peningkatan kualitas produk, dan hibah alat produksi kepada mitra usaha UMKM Nova Cake’s. Metode intervensi diterapkan dalam kegiatan ini berupa: 1) Pemberian hibah alat produksi yang membantu mitra dalam meningkatkan jumlah produksi kue, sehingga pemintaan pasar yang semakin naik dapat teratasi. 2) Pendampingan pembuatan sertifikat HKI logo dan merek usaha, serta pendaftaran NIB sehingga bermanfaat dalam menjaga nama usaha dan produk serta meningkatkan kepercayaan terhadap produk kue. 3) Pendampingan manajemen SDM yang terbatas dalam pembuatan SOP sederhana untuk menjaga kualitas produk. 4) Pendampingan pengembangan konten dan pemanfaatan media sosial melalui pelatihan untuk meningkatkan daya jangkau pemasaran produk kue. Kegiatan PkM berjalan dengan baik, mitra usaha juga menyatakan dengan adanya kegiatan ini telah membantu usaha yang dijalankan sehingga memiliki beberapa peningkatan baik dari sisi pengetahuan, alat produksi, dan dokumen usaha pendukung lainnya. Kegiatan yang dijalankan sudah sesuai dengan kebutuhan mitra, hal ini telah mendukung keberlanjutan usaha Nova Cake’s.

References

Kadin RI. (2023). UMKM Indonesia. Https://Kadin.Id/Data-Dan-Statistik/Umkm-Indonesia/.

Bank Indonesia. (2024, November 2). Pengembangan UMKM. Https://Www.Bi.Go.Id/Id/Fungsi-Utama/Stabilitas-Sistem-Keuangan/Pengembangan-Umkm/Default.Aspx#:~:Text=UMKM%20memiliki%20peran%20penting%20bagi,Stabilitas%20sistem%20keuangan%20dan%20perekonomian.

BPS RI. (2024, June 28). Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun (Ribu Jiwa), 2022-2024. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTk3NSMy/jumlah-penduduk-pertengahan-tahun--ribu-jiwa-.html

DJPB Kemenkeu RI. (2023, June 27). Kontribusi UMKM dalam Perekonomian Indonesia. Https://Djpb.Kemenkeu.Go.Id/Kppn/Lubuksikaping/Id/Data-Publikasi/Artikel/3134-Kontribusi-Umkm-Dalam-Perekonomianindonesia.Html#:~:Text=Sektor%20UMKM%20yang%20terbukti%20mampu,Mengatasi%20masalah%20pengangguran%20di%20Indonesia.

Dwitri Waluyo. (2024, September 4). UMKM Indonesia Makin Kuat: Program Level Up 2024 Siap Dorong Digitalisasi Bisnis. Https://Indonesia.Go.Id/.

Fuadi, D. S., Sadikin Akhyadi, A., Saripah, I., Pendidikan Indonesia, U., Edu, D., & Edu, A. A. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/DIKLUS.V5I1.37122

Haris. (2024, July 5). Kemenkopukm Tingkatkan Usaha Mikro Gorontalo Jadi UKM. Https://Berita.Gorontaloprov.Go.Id/2024/07/05/Kemenkopukm-Tingkatkan-Usaha-Mikro-Gorontalo-Jadi-Ukm/#:~:Text=Pada%20kesempatan%20itu%20Penjabat%20Gubernur,2023%20yang%20sebanyak%2082.732%20unit.

Indy Millani, A., Layli, R. M., Putri, S. A., & Calvin, C. (2023). PENDAMPINGAN UMKM KUE BASAH DI KELURAHAN GUNUNG ANYAR MELALUI DESAIN LOGO, KEMASAN, DAN MERK. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka, 2(04), 403–308. https://doi.org/10.62668/sabangka.v2i04.651

Irawan, W., Anita, A. S., Pidu, Y. M., Gerungan, R. A., & Asiah, N. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial untuk Promosi Wisata Puncak Pinus Desa Dulamayo Selatan. Prosiding PKM-CSR, 4, 2655–3570. https://doi.org/https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1189

Kemenko Perekonomian RI. (2021, May 5). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. Https://Ekon.Go.Id/Publikasi/Detail/2969/Umkm-Menjadi-Pilar-Penting-Dalam-Perekonomian-Indonesia#:~:Text=Berdasarkan%20data%20Kementerian%20Koperasi%20dan,Menjangkau%20196%2C7%20juta%20orang.

Pidu, Y. M., Gerungan, R. A., Anita, A. S., Irawan, W., & Asiah, N. (2022). MEDIA SOSIAL UNTUK MENUNJANG KEGIATAN DIGITAL MARKETING UMKM. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka, 2, 345–356. https://doi.org/10.33830/PROSIDINGSENMASTER.V2I1.741

Putra, A. H. (2018). PERAN UMKM DALAM PEMBANGUNAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KABUPATEN BLORA. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40–52. https://jurnal.uns.ac.id/jas/article/view/18162

Rachmawan Budiarto, & dkk. (2015). Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis - Rachmawan Budiarto, Susetyo Hario Putero, Hempri Suyatna, Puji Astuti, Harwin Saptoadi, M. Munif Ridwan, Bambang Susilo D. - Google Buku (Nanik, Ed.; 1st ed.). Gadjah Mada University Press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=JDdbDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=umkm&ots=IuiOyWao_z&sig=8gmSdhzzMjnuX36t0pG_Sk11c8k&redir_esc=y#v=onepage&q=umkm&f=false

Rahmiyati, N., & Rachmawati, T. (2023). PENINGKATAN DAYA SAING BERBASIS TEKNOLOGI MEKANIS DAN DIGITALISASI MARKETING PADA USAHA KERUPUK TENGIRI DI KOTA MOJOKERTO. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 3(02), 19–25. https://aksiologi.org/index.php/abdimassa/article/view/504

Rendra, M. I., Rahmawati, L., Sholihah, H. R., Saputra, M. R., Arviani, N., Izzulhaq, A., & Kusuma, M. A. (2022). Pendampingan Pembuatan Dokumen Legalitas Usaha pada UMKM Sukilah Snack. Surya Abdimas, 6(4), 671–678. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i4.2263

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137–146. https://doi.org/10.31002/REP.V4I2.1952

Suyadi, Syahdanur, & Suryani, S. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis - Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1), 1–10. https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/view/2736

Downloads

Published

28-05-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles