Penguatan Kompetensi Guru Paud Melalui Pengembangan Big Book Berbasis Saintifik Di Gugus Paud Kecamatan Cibinong-Bogor

Authors

  • Sri Tatminingsih Universitas Terbuka
  • Budi Hermaini Universitas Terbuka
  • Mutiara Magta
  • Muktia Pramitasari

Keywords:

big book, kompetensi pedagogi, pembelajaran saintifik, pendidikan anak usia dini

Abstract

Setiap Individu yang berprofesi sebagai Pendidik (guru) harus memiliki kompetensi Guru, termasuk Pendidik PAUD. Salah satunya adalah kompetensi Pedagogik. Kemampuan dan keterampilan dalam mengembangkan bahan belajar termasuk dalam kompetensi pedagogik dan professional. Rendahnya kompetensi pedagogik dan atau professional guru mengakibatkan ketidaklancaran dalam proses pemenuhan capaian pembelajaran pada anak usia dini. Kurang atau tidak bervariasinya bahan belajar di Lembaga PAUD menjadi permasalahan utama bagi Lembaga PAUD di Wilayah Cibinong. Dalam rangka mengatasi masalah ini,Dosen-dosen PGPAUD menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan memberikan pelatihan dan pembimbingan kepada guru-guru di Gugus PAUD di Wilayah Cibinong-Bogor. Bahan belajar ini berbentuk Big book berbasis saintifik. Pk Mini bekerjasama dengan mitra Pengurus gugus PAUD wilayah Cibinong-Bogor. PkM dilaksanakan pada tahun 2023. Kegiatan ini memberikan dampak meningkatkan kompetensi pedagogic khusunya dalam merancang bahan belajar berupa 8 buah big book. Keberlanjutan program ini tetap berlangsung hingga saat ini, yaitu para peserta PkM tetap mengembangkan big book di sekolahnya masing-masing

References

Ani, Y. (2021). Pelatihan Guru-guru PAUD dalam mengembangkan Kompetensi Pedagogik. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, 719–726.

Ani, Y. (2021). Pelatihan guru-guru PAUD dalam mengembangkan kompetensi pedagogi. Penelitian Dan Pengabdian Inovatif Pada Masa Pandemi Covid-19, March, 719–726.

Arafat, Y., Rahman, A., di Bangka Tengah, T., & Palembang Correspenden Author, U. (2023). Pengaruh Pelatihan dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru TK/PAUD Se Kabupaten Bangka Tengah. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Dini Selasi, Umam, K., Rahmah Putriani Alfiyanti, D., Romdiyah, S., Nurkhasana, L., Andriani, R., Julpatul, S. M., Janeti, F., Afiyani, N., & Sutrisno, A. (2021). Pendekatan ABCD (Asset Based Communitty Development): Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Pelatihan Pembuatan Telur Asin di Desa marikangen Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 176–188.

Fidesrinur, F., Nurfadilah, N., & Fitria, N. (2017). Pembelajaran Guru PAUD Jabodetabek: Studi Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran Guru PAUD JABODETABEK Tahun 2014/2015. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 3(4), 359. https://doi.org/10.36722/sh.v3i4.229

Fitri, R., & Rakimahwati, R. (2021). Game Edukasi Berbasis Budaya Lokal Sumbang Duo Baleh untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 239–251. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1220

Haryandi, S., Wati, M., Azhari, A., Maulana, M. I., Azzahra, A., Fitri, M. R., & Alfiah, D. I. (2023). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kearifan Lokal di Lingkungan Lahan Basah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 1726–1733. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i3.10188

Manurung, K., Novenasari Manurung, G., Belayo Watun, A., Author, C., Studi Pendidikan Bahasa Inggris, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., & Tadulako Jalan Soekarno Hatta, U. K. (2023). Pelatihan Strategies for Creative Instructions kepada Guru SMP. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 356–363. https://doi.org/10.31960/caradde.v6i2.2140

Munawar Ahmad. (2007). Asset Based Communities Development (ABCD): Tipologi KKN Partisipatif UIN Sunan Kalijaga. Aplikasia, Jurnal Aplikasi Llmii-Ilmu Agama, , 8(2), 104–113.

Musanna, A. (2011). Model Pendidikan Guru Berbasis Ke-Bhinekaan Budaya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 383. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.35

Noviana, D., Nisa’, T. F., & Karim, M. B. (2019). Tingkat Pengetahuan Guru PAUD tentang Kurikulum 2013. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(2), 114–124. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i2.6153

Novitawati, N., & Anggreani, C. (2021). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Bermuatan Budaya Lokal Tepian Sungai pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 220–230. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.767

Purnomo, Y. W., Kaur, A., Ismail, S. N. B., Suryadi, D., & Darwis, S. (2018). The consistency between professed teaching practices and assessment practices: A case in mathematics class. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 11(2), 101–113. https://doi.org/10.20414/betajtm.v11i2.223

Rohita, R., & Fitria, N. (2020). Pemanfaatan Mind Mapping Untuk Meningkatan Kemampuan Mengajar Guru Taman Kanak-Kanak Di Desa Cikidang, Sukabumi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 2(2), 57. https://doi.org/10.36722/jpm.v2i2.382

Rumpoko, A. U. T., & Diana, D. (2022). Kesiapan Kompetensi Guru PAUD dalam Menyongsong Pendidikan AUD di Era Society 5.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6641–6650. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3023

Samsuri. (2019). Hubungan Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kemampuan Mengajar Guru dengan Pembelajaran Siswa Sumber daya manusia yang berperan penting dalam pendidikan adalah kepala madrasah dan guru . Kepala madrasah memiliki tanggung jawab melakukan perbaikan dan pening. Al=Ta’dib Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 259–276.

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Tari, E. (2020). Kualifikasi Guru berdasarkan 1 Tesalonika 2:7-12. Khazanah Theologia, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.15575/kt.v2i1.6745

Tari, E., Liufeto, M. Ch., Alexander, F., & Sibulo, D. (2023). Pengembangan Budaya Literasi Menulis bagi Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru di SMPN Negeri 5 Kupang Tengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 1632. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i4.9827

Tatminingsih, S. (2019). Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130

Tatminingsih, S., Hermaini, B., Novita, D., Magta, M., & Marsinah, N. (2022). Implementasi Pengembangan Model Praktik Tarian Rakyat Indonesia melalui Gerakan Kreatif pada Guru TK. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 71–78. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4321

We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “Manjujai” untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339–1351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660

Downloads

Published

17-06-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles