PEMANFAATAN PLATFORM DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF: PENDAMPINGAN GURU SMP DENGAN CANVA DAN HEYZINE

Authors

  • Dyah Aniza Kismiati Universitas Terbuka
  • Ahmad Yani Universitas Terbuka
  • Leonard Raden Hutasoit Universitas Terbuka
  • Kristanti Ambar Puspitasari Universitas Terbuka
  • Mestika Sekarwinahyu Universitas Terbuka
  • Anastasia Ratih Wulandari Universitas Terbuka

Keywords:

media ajar interaktif, Canva, Heyzine, pengembangan digital, pendampingan guru

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam menciptakan media ajar yang inovatif dan interaktif. Artikel ini membahas hasil dari program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk mendampingi guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam mengembangkan media ajar interaktif menggunakan platform digital Canva dan Heyzine. Kegiatan ini diikuti oleh 28 guru yang berpartisipasi aktif dalam pelatihan, di mana mereka diperkenalkan pada penggunaan dua platform tersebut untuk menciptakan materi pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa 92,31% peserta merasa media ajar interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sementara 88,46% merasa media ini juga meningkatkan motivasi guru dalam mengajar. Selain itu, 84,62% guru menyatakan bahwa media ajar interaktif sangat membantu dalam menyampaikan materi yang sulit. Kendala utama yang dihadapi peserta meliputi keterbatasan waktu dan akses internet yang tidak stabil. Saran dari peserta untuk pelatihan berikutnya mencakup pengembangan modul ajar, asesmen berbasis teknologi, serta penerapan model pembelajaran interaktif. Kesimpulannya, pelatihan ini telah berhasil memberdayakan guru dalam meningkatkan keterampilan digital mereka, khususnya dalam penggunaan media ajar interaktif, sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran di SMP

References

Arsyad, A. (2022). Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Digital untuk Guru. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 12(3), 150-160.

Arifin, Z. (2021). Inovasi Pembelajaran dengan Media Interaktif untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 85-92.

Dick, W., & Carey, L. (2005). The Systematic Design of Instruction. Boston: Allyn & Bacon.

Isnaini, M. (2022). Transformasi Digital dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang. Jakarta: Eduka Press.

Kurniawan, T. (2023). "Desain Media Pembelajaran dengan Canva dan Heyzine". Jurnal Teknologi Pembelajaran, 5(2), 45-56.

Prasetyo, D., & Indriani, N. (2019). "Pendampingan Guru dalam Penggunaan Teknologi Pembelajaran". Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(4), 212-223.

Putri, S., et al. (2020). "Efektivitas Media Pembelajaran Digital dalam Peningkatan Motivasi Belajar". Jurnal Pendidikan Indonesia, 15(3), 121-130.

Rahmawati, S., et al. (2022). "Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pendampingan Teknologi". Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(2), 178-189.

Rahmawati, I., & Hidayati, N. (2022). Pengaruh Media Ajar Interaktif terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(1), 67-75.

Santosa, A., & Wahyuni, D. (2021). "Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pengajaran". Jurnal Pendidikan Teknologi, 10(1), 25-36.

Setyawan, Y., & Hasan, R. (2021). Pembelajaran di Era Digital. Yogyakarta: Lintas Pustaka.

Setiawan, A., & Lestari, D. (2020). Media Pembelajaran Interaktif: Solusi Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(3), 123-130.

Utami, F., & Rachman, I. (2023). "Platform Digital sebagai Media Ajar Interaktif di Sekolah Menengah". Jurnal Pendidikan Modern, 8(1), 33-45.

Wibowo, S. (2021). Meningkatkan Keterlibatan Siswa dengan Media Interaktif Heyzine. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 9(3), 100-108.

Downloads

Published

07-05-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles