PEMASARAN PRODUK UMKM SERTA PEMBUATAN AKUN E-COMMERCE DI DESA CANGGU KAB KEDIRI
Pemasaran produk UMKM serta pembuatan akun E-commerce di desa canggu kabupaten kediri
Keywords:
Pemasaran, produk UMKMAbstract
Artikel ini menjelaskan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam membantu pemasaran produk dengan pembuatan akun E-commerce pada UMKM di desa Canggu Kabupaten Kediri. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam membantu pembuatan akun E-commerce pada UMKM yang ada di desa canggu Kabupaten Kediri. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah PAR (Participatory Action Research) yang berisi kegiatan berupa pemahaman kondisi nyata, pemahaman masalah, perencanaan, tindakan dan evaluasi. Hasil yang diperoleh adalah masyarakat yang mempunyai UMKM roti kembang goyang telah dibuatkan akun E-commerce Tiktok Shop untuk pemasaran produknya secara On line dan pemerintah setempat mengapresiasi dan berpendapat bahwa hasil kegiatan kemahasiswaan sangat berperan penting dalam membantu mengembangkan pemasaran produk UMKM yang ada di desa Canggu Kabupaten Kediri. Kesimpulan dari kegiatan tersebut adalah mengembangkan pemasaran produk UMKM roti kembang goyang di desa Canggu Kabupaten Kediri melalui E-commerce Tiktok shop.
References
Apipudin, A. (2018). KONSEP JUAL BELI DALAM ISLAM (Analisis Pemikiran Abdu al-Rahman al-Jaziri dalam Kitab al-Fiqh ‘Ala alMadahib al-Arba’ah). Islaminomics: Journal of Islamic Economics, Business and Finance, 5(2). https://doi.org/10.47903/ji.v5i2.33
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2010). Handbook of Qualitative Research. Pustaka Pelajar. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/9769/handbook-of-qualitative-research.html
Gadzali, S. S., Oktaviani, I. Z., Janah, S. N., & Rahayu, I. (2023). PENATAAN AREA PARIWISATA SUMUR BANDUNG DI DESA CIJENGKOL MENGGUNAKAN METODE PARTICIPATORY ACTION RESEARCH. 4.
Khotimah, C. A., & Chairunnisa, J. C. (t.t.). PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI-ONLINE (E-COMMERCE). BUSINESS LAW REVIEW.
Mikkelsen, B. (2011). Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya Pemberdayaan: Panduan Bagi Praktisi Lapangan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Putri, A. A. (2021). Pelaksanaan Transaksi Jual Beli Online di Situs Heavenlight.co. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Hukum, 0, Article 0. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuh/article/view/7930
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020