PEMBERDAYAAN PETANI RAMBUTAN DESA TANGGULUN BARAT, SUBANG DALAM PRODUKSI DAN PENJUALAN KERIPIK RAMBUTAN MENGGUNAKAN MESIN VACUUM FRYING, BRANDING PRODUK DAN SISTEM PEMASARAN BERBASIS DIGITAL
Keywords:
keripik rambutan, pengolahan buah rambutan, vacuum frying, branding produk, sistem pemasaran digital.Abstract
Kondisi hulu dari perkebunan rambutan di desa Tanggulun Barat sangat melimpah, namun untuk kondisi hilir masih belum ada pengolahan pasca panen buah rambutan karena langsung dijual ke pengepul. Sehingga pendapatan petani rambutan terbatas dan belum mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Belum ada proses pengolahan pasca panen buah rambutan dan sistem pemasaran berbasis digital dikarenakan tidak ada teknologi untuk pengolahan buah rambutan serta keterbatasan pengetahuan masyarakat. Solusi yang dilakukan yaitu dengan memberikan bantuan teknologi vacuum frying, branding produk serta sistem pemasaran berbasis digital dan memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk pengoperasian mesin serta pengaplikasian sistem pemasaran berbasis digital. Metode kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan yaitu pengumpulan data identifikasi kebutuhan mitra, pembuatan desain mesin vacuum frying, branding produk serta sistem pemasaran berbasis digital, proses manufaktur mesin vacuum frying, pembuatan branding produk dan sistem pemasaran berbasis digital dan pelatihan pengoperasian mesin vacuum frying, branding produk serta penggunaan sistem pemasaran digital. Dampak yang telah dihasilkan yaitu meningkatnya pengetahuan dari petani rambutan desa Tanggulun Barat sebesar 81%.
References
Badan Pusat Statistik Kabupaten Subang. (2006). Kabupaten Subang Dalam Angka.
Diversification of Rambutan Fruit Products as an Effort to Increase The Reliability of Forest Rural Communities In Kolam Kiri Village Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat Dewar, J. M. (2011). Helping stakeholders understand the limitations of SRT data: Are we doing enough? Journal of Faculty Development, 25(3), 40– 44.
Loginova, O. (2022). Branded websites and marketplace selling: Competing during COVID-19. Journal of Economic Behavior & Organization, 203, 577-592.
Noviandia, H., Hutami, R., & Sunarmani, S. (2022). Keripik Rambutan Arialaka (Naphelium Lappaceum L): Karakteristik Sensori dan Fisikokimia Dengan Metode Vaccuum Frying. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 4(2), 37-46.
Situmorang, R. M., Muhibbuddin, M., & Khairil, K. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal EduBio Tropika, 3(2), 87–90
Susilawati, S., Buchori, A. S., Ferdian, N. R., Ummaramdani, D. R., Hidayat, D., Yudiyanto, O., & Rhacelia, F. C. (2023). The Analysis of Heat Transfer on Hot Air Coffee Roasters at the Appropriate Technology Research Centre, National Research and Innovation Agency in Subang. VANOS Journal of Mechanical Engineering Education, 8(2), 121-135.
Vernanda, D., Niqotaini, Z., & Buchori, A. S. (2023, November). The Innovation Diffusion Theory for Analysis the Digitalization of'Rasa Alami'MSMEs at Subang Regency. In 2023 International Conference on Informatics, Multimedia, Cyber and Informations System (ICIMCIS) (pp. 653-658). IEEE.
Ghani, W. S. D. W. A. (2022). Exploring System Quality Elements of Mobile Marketplace Application for Textile Cyberpreneurs. Procedia Computer Science, 204, 354-361.
Pavan, D., & Avinash, S. (2021). Design and development of multipurpose cooling and drying machine. Materials Today: Proceedings, 45, 424- 428.