PEMBUATAN ASESMEN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI SD GUGUS 16 PONDOK AREN TANGERANG SELATAN MENGGUNAKAN APLIKASI SEDERHANA

Authors

  • Fitria Amastini Universitas Terbuka
  • Dwi Astuti Aprijani Universitas Terbuka
  • Dimas Agung Prasetyo Universitas Terbuka
  • Amalia Sapriati Universitas Terbuka
  • Aminudin Zuhairi
  • Izzah De Yaru Qolby
  • Iin Imronah

Keywords:

asesmen formatif; asesmen sumatif; kurikulum merdeka; sekolah dasar

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilakukan memperhatikan pentingnya asesmen pada pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka.  Guru perlu memiliki pemahaman, kemampuan dan keterampilan dalam menyusun alat asesmen dan melaksanakan asesmen. Sejalan dengan perkembangan teknologi, untuk memudahkan kegiatan pembelajaran dan menunjang pencapaian hasil belajar, guru perlu terlatih secara optimal dalam memanfaatkan teknologi untuk menyusun penilaian formatif dan sumatif.  Tujuan PkM ini adalah untuk membekali guru-guru di SD Gugus 16 Pondok Aren dengan keterampilan menyusun instrumen penilaian berbasis Kurikulum Merdeka, dengan pemanfaatan perangkat lunak sederhana atau platform digital. Metode yang digunakan pada PkM ini adalah pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). Guru-guru mendapatkan pelatihan melalui konsultasi, pendampingan, dan workshops serta mengimplementasikan alat penilaian yang dihasilkan. Hasil PkM menunjukkan bahwa guru dapat menyusun alat penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan memanfaatkan platform digital seperti quizalize serta berhasil mendiseminasikan serta menerapkan penilaian di kelas. Kesimpulannya, PkM dapat membantu guru-guru di Gugus 16 Pondok Aren dalam mempersiapkan dan mengaplikasikan penilaian berbasis teknologi sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka.

Downloads

Published

07-05-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles