Re-Building Perpustakaan SD Dharma Karya UT Guna Mendukung Proses Pembelajaran Siswa

Authors

  • Pratiwi Anindita Adji Universitas Terbuka
  • Majidah Universitas Terbuka
  • Sri Suharmini Wahyuningsih Universitas Terbuka
  • Widiyanto Universitas Terbuka
  • Sutartono Universitas Terbuka

Keywords:

manajemen perpustakaan, pengembangan koleksi, perpustakaan sekolah

Abstract

Perpustakaan sekolah memiliki fungsi yang sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran siswa di sekolah. Koleksi yang tersedia di perpustakaan sekolah dapat berupa buku, video pembelajaran, dan alat peraga yang dapat mendukung pembelajaran dan menambah pengetahuan para siswa. Perpustakaan Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka (SD DK-UT) merupakan salah satu perpustakaan sekolah yang berada di lingkungan Yayasan Pendidikan Anak Indonesia Universitas Terbuka. Perpustakaan SD DK-UT memiliki berbagai macam jenis koleksi mulai dari ensiklopedia, buku fiksi, buku non-fiksi, dan video pembelajaran. Berdasarkan survei yang telah dilaksanakan oleh tim PkM dari prodi S1 Ilmu Perpustakaan UT terlihat bahwa koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan SD Dharma Karya UT banyak yang usang akibat tersimpan lama dan frekuensi pemakaian, serta koleksi yang sudah tidak up to date. Selain itu, sarana prasarana pendukung perpustakaan SD Dharma Karya UT masih kurang memadai, seperti pengelolaan perpustakaan yang masih manual, komputer yang rusak, dan belum adanya vacuum cleaner untuk membersihkan karpet perpustakaan. Kondisi dan permasalahan inilah yang mendorong program studi S1 Ilmu Perpustakaan UT perlu untuk melakukan pendampingan dalam mengembangkan dan mengelola perpustakaan SD Dharma Karya UT melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM). Metode pelaksanaan kegiatan PkM ini tim prodi S1 Ilmu Perpustakaan UT melakukan pendampingan kepada pengelola perpustakaan SD Dharma Karya UT dalam pengembangan koleksi dan pengelolaan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) selama 6 bulan. Hasil pelaksanaan PkM re-build perpustakaan SD Dharma Karya UT ini berdampak pada penambahan koleksi perpustakaan yang up to date dan peningkatan minat siswa untuk membaca, khususnya koleksi ensiklopedia.

References

Badriyah, S. (2014). Hubungan Antara Penataan Ruang Perpustakaan Dengan Minat Belajar Siswa Di Perpustakaan. Retrieved from https://repository.upi.edu/13250/4/S_IP_1001751_Chapter1.pdf

Darmono. (2007). Pengembangan Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar. Jurnal Perpustakaan Sekolah, 1(1), 1–10.

Perpustakaan Nasional Indonesia. (2009). Standar Nasional Indonesia 7329:2009 tentang Perpustakaan Sekolah, Perpusnas.

Saderi. (2017). Strategi Pengembangan Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Media Pembelajaran Siswa. Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 3 (2), 102 – 116.

Sumiati, O. (2018). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah (1st ed.). Universitas Terbuka.

Wahyuningsih, S. S., Rahardjo, D., Widiyanto, & Sasmita, S. A. (2021). Pengembangan Perpustakaan Sekolah di SMA Dharma Karya UT. Abdimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 25(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas

Downloads

Published

28-05-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles