OPTIMALISASI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN SPEAKING BAHASA INGGRIS MELALUI KOMBINASI STRATEGI DARING DANLURING UNTUK MENINGKATKAN FLEKSIBILITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Wawan Universitas Terbuka
  • Vina Yuniar Universitas Terbuka
  • Riza Universitas Terbuka

Keywords:

Keterampilan speaking, Pembelajaran daring, Pembelajaran luring, Pendidikan fleksibel, SMPN 3 Pamulihan

Abstract

Dalam era digital ini, pembelajaran daring menjadi semakin lazim dan berdampak besar pada metode pengajaran. Studi ini mengevaluasi efektivitas kombinasi strategi pembelajaran daring dan luring dalam meningkatkan keterampilan speaking bahasa Inggris siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Menggunakan pendekatan campuran, data dikumpulkan melalui tes pra dan pasca pembelajaran, observasi, serta kuesioner. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan speaking siswa setelah mengikuti kombinasi strategi tersebut. Feedback dari siswa dan guru menunjukkan peningkatan motivasi dan kepercayaan diri dalam speaking bahasa Inggris. Keterampilan berbicara (speaking) merupakan aspek penting dalam pendidikan di SMP, khususnya di SMPN 3 Pamulihan. Namun, keterbatasan waktu dan fasilitas sering menjadi kendala dalam pencapaian hasil yang optimal. Artikel ini mengkaji efektivitas kombinasi strategi pembelajaran daring menggunakan Google Meet, Zoom, atau MS Teams dengan materi atraktif, serta luring dalam mengembangkan keterampilan speaking siswa yang dilakukan di Wisata Pangjujugan, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan. Pendekatan blended learning ini diharapkan dapat meningkatkan fleksibilitas dalam proses pembelajaran sekaligus mengakomodasi berbagai kebutuhan siswa. Metode Pelaksanaan ini menggunakan metode campuran (mixed methods) yang melibatkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan melalui tes pra dan pasca pembelajaran untuk mengukur peningkatan keterampilan speaking siswa. Data kualitatif diperoleh melalui observasi langsung selama proses pembelajaran dan kuesioner yang diisi oleh siswa dan guru. Pembelajaran daring dilakukan menggunakan platform Google Meet, Zoom, atau MS Teams dengan materi yang dirancang untuk menarik minat siswa. Pembelajaran luring dilaksanakan di Wisata Pangjujugan, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, dengan kegiatan yang mendukung praktik speaking secara langsung. Hasil observasi pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa kombinasi metode daring dan luring memberikan dampak positif terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa. Siswa menjadi lebih percaya diri, termotivasi, dan mampu menggunakan bahasa Inggris secara lebih aktif. Artikel ini merekomendasikan penerapan model pembelajaran hybrid sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris, khususnya pada keterampilan speaking di SMPN 3 Pamulihan, dengan tetap memperhatikan aspek aksesibilitas dan efisiensi.

References

Kurniasih, D., & Sani, B. (2017). Ragam strategi pembelajaran. Kata Pena.

Mukhtar, M., & Iskandar, I. (2019). Metode dan strategi pembelajaran. Rajawali Pers.

Roza, M., & Wahyuni, S. (2020). Optimalisasi pembelajaran bahasa Inggris di sekolah melalui blended learning. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19(1), 45-56.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yuliani, N., & Saputri, A. (2021). Efektivitas pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 6(2), 78-85.

Downloads

Published

07-05-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles