Meningkatkan Kompetensi Guru SD Negeri Iwul 02 Parung Kabupaten Bogor dalam Menggunakan Alat Peraga, Melakukan Proses Abstraksi, dan Mahir Menerapkan Model Pembelajaran Inovatif yang Menyenangkan

Authors

  • Elang Krisnadi Universitas Terbuka
  • Idha Novianti Universitas Terbuka
  • Sugilar Universitas Terbuka
  • Suci Nurhayati Universitas Terbuka
  • Thesa Kandaga Universitas Terbuka
  • Valeria Yekti K Gusti Universitas Terbuka

Keywords:

Singkong, tepung mocaf, pemberdayaan, pemanfaatan, produk olahan.

Abstract

Salah satu ciri matematika adalah memiliki objek kajian yang bersifat abstrak dan menjadikan objek dalam matematika tidak mudah diamati dan dipahami dengan panca indera. Di sisi lain, proses berpikir siswa di sekolah dasar masih dalam tahap operasi konkrit. Oleh karena itu, Sebagian besar siswa di sekolah dasar menyatakan bahwa matematika tidak mudah untuk dipahami. Untuk mempelajari objek matematika yang bersifat abstrak tersebut diperlukan suatu perantara sebagai cara untuk mengurangi keabstrakannya, menggunakan model-model benda kongkrit yang biasa disebut sebagai alat peraga matematika. Di sisi lain, abstraksi menjadi bagian penting yang tidak mungkin terpisahkan dari proses pembelajaran matematika. Abstraksi yang dimaksud adalah sebagai pemahaman matematis dari model kongkrit menuju abstrak melalui tingkatan kemampuan berpikir. Selanjutnya, dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini tim abdimas program studi (Prodi) S1 Pendidikan Matematika telah membekali guru-guru kelas di SD Negeri Iwul 02 Desa Jabon Mekar mempunyai kemampuan untuk melaksanakan proses pembelajaran matematika di kelas dalam melakukan proses abstraksi yang diintegrasikan dengan penggunaan alat peraga matematika (APM) sebagai salah satu upaya memberikan alternatif pilihan dalam mengatasi berbagai masalah pembelajaran matematika. Dalam dunia pendidikan matematika, sebagian konsep asbtrak dalam matematika akan lebih mudah dipelajari melalui proses abstraksi melalui penggunaan alat peraga.

Kata Kunci: Alat Peraga, Abstraksi, Pembelajaran Matematika

References

Burhanuddin; Nur Wahyuni, Esa. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media.

Ferrari, P. (2003). Abstraction In Mathematics. Philosophical Transactions of the Royal Society of London. Series B: Biological Sciences, 358(1435), pp. 1225–1230.

Hidayah, I. (2018). Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Gerakan Literasi Sekolah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 1-11

Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial Intelligence in Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. Center for Curriculum Redesign.

Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2018). Intelligence Unleashed: An Argument for AI in Education. Pearson.

Nurhasanah, F., Kusumah, Y. S., and Sabandar, J. (2017). Concept of triangle: Examples of mathematical abstraction in two different contexts. IJEME – International Journal on Emerging Mathematics Education, 1 (1), pp. 53-70.

Russell, S., & Norvig, P. (2021). Artificial Intelligence: A Modern Approach. Pearson.

Skemp, R. R. (2012). The Psychology of Learning Mathematics: Expanded American Edition. New York: Routledge

Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education: A state-of-the- art review. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 39.

Downloads

Published

07-05-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles