MENINGKATKAN KETRAMPILAN MAHASISWA UNIVERSITAS TERBUKA PALU DALAM BERWIRAUSAHA BROWNIES CHIPS

Authors

  • Yuyun Yunita Puspa puspa Universitas Terbuka
  • Nurul Mutmainah Universitas Terbuka
  • Usy Nora Manurung Universitas Terbuka
  • Steviani Batti' Universitas Terbuka
  • Serli Mauru Universitas Terbuka

Keywords:

Brownies Chips, Kemampuan Berwirausaha, Strategi Pemasaran

Abstract

Brownies merupakan salah satu jenis kue yang teksturnya tidak mengembang, padat dan tidak selembut kue bolu biasa atau kue black forest, namun memiliki cita rasa yang khas yaitu rasa coklat yang sangat dominan aroma coklat yang kuat. Melalui ide kami menciptakan brownies dalam bentuk kemasan berbeda yaitu Bronchips muncul setelah melakukan survei makanan yang apa yang sering dibawa orang kemana saja. Melihat dari kemasan produk, pasar sasaran produk ini adalah kalangan anak muda, area perkotaan, dan mereka yang memiliki hobi bersosial media. PKM ini mencakup berbagai aspek, mulai dari teknik pembuatan, pengemasan, hingga strategi pemasaran. Adapun tujuan PKM ini adalah untuk memberikan pendampingan, pengarahan dan sosialisasi kepda masyarakat terkhusus mahasiwa Universitas Terbuka diharapkan mahasiswa tidak hanya memperoleh keterampilan kuliner, tetapi juga kemampuan berwirausaha yang dapat menunjang kemandirian ekonomi mereka di masa depan. Kegiatan ini juga mendukung pengembangan inovasi di bidang kuliner dan mendorong semangat kreativitas di kalangan mahasiswa. Mitra dalam PKM ini adalah masyarakat khususnya mahasiswa Universitas Terbuka dan pelaku UMKM pada lokasi  BTN. Gemilang Mamboro, Kec. Palu Utara. Kota Palu.

References

Agung W, R., Yudhistira H, G., & Aziz, R. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi persaingan dan pertumbuhan pasar: pemimpin, pesaing, pengikut, nicher (suatu literature review). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4). https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.455

Agustin, M. S., & Hasan, F. (2021). Analisis Keberlanjutan Usaha Budidaya Bandeng. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 8(3). https://doi.org/10.25157/jimag.v8i3.5636

Hadiyati, E. (2019). Strategi Pemasaran Kewirausahaan Dalam Membangun Keberlanjutan Usaha Pada Usaha Kecil Menengah : Suatu Pendekatan Konsep. E-Repository Dosen Universitas Gajayana Malang, 0(0).

Hartaty, Y. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Tata Boga Materi Pembuatan Brownis Pisang Melalui Model Pembelajaran Eksplicit Instruction. JURNAL IQRA’, 2(1). https://doi.org/10.25217/ji.v2i1.97

Nabilah, S., Lubis, A., & Tarigan, E. D. S. (2019). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen pada Aroma Bakery dan Cake Medan. Jurnal Ekonomi Manajemen.

Prihanto, H., & Damayanti, P. (2022). Faktor-Faktor yang berpengaruh pada Keberlanjutan Usaha Biro Jasa Perjalanan Haji dan Umrah. Journal of Management and Business Review, 19(1). https://doi.org/10.34149/jmbr.v19i1.314

Sari, M. (2014). Peningkatan keterampilan tata boga materi pembuatan brownis kukus melalui model pembelajaran eksplisit. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1). https://doi.org/10.21009/pip.281.3

Setiyo Adi Nugroho, Daniel Rudjiono, & Febrian Rahmadhika. (2021). Perancangan identitas perusahaan dalam bentukstationery desain di rumah kreasi grafika. Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 14(1).

Downloads

Published

07-05-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles