PELAYANAN SEKOLAH ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SEKOLAH

Authors

  • Heri Wahyudi Universitas Terbuka
  • Arti wiyarni Universitas Terbuka

Keywords:

Pelayanan, kepuasan, kualitas

Abstract

Banyak bentuk pelayanan yang diberikan sekolah terkait peningkatan kualitas, tetapi sekolah harus memiliki skala prioritas memberikan pelayanan yang ideal agar sesuai dengan harapan semua pelanggan. Untuk dapat melihat keberlangsungan pemberian pelayanan sekolah.Metode penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan dan kualitas pelangan yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolah.Pelayanan yang diberikan ke tiga (3) sekolah lebih diarahkan pada pemenuhan sarana dan fasilitas, peningkatan mutu guru dan peningkatan kelulusan siswa masuk ke perguruan tinggi. Pelayanan yang diberikan sekolah, secara umum sudah sesuai dengan standar yang berlaku, dan para orang tua juga mengakuinya, sekolah melakukan berbagai cara dalam melayani warga sekolah, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap sekolah semakin tinggi dan bisa dipertahankan.Penelitian yang melibatkan tiga (3) sekolah berwawasan Islam ini, memberi kesimpulan (1) Pelaksanaan pelayanan yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolah sudah menunjukkan hal positif, dimana ke tiga sekolah dalam memenuhi sarana dan fasilitas sekolah melebihi dari standar sekolah. (2) Peran kepala sekolah dalam memenuhi kepuasan pelanggan untuk meningkatkan kualitas sekolah sudah dilakukan dengan maksimal, dimana kepala sekolah dalam menjalankan perannya tidak berjalan sendiri, tetapi mendapat dukungan penuh dari pihak Yayasan.(3) Kepuasan pelanggan  yang diberikan sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolah sudah dilakukan dengan maksimal, dimana kepuasan utama terletak pada lolosnya siswa masuk ke perguruan tinggi bereputasi baik, dan ketiga sekolah sudah menunjukkan hal tersebut, dimana siswa yang lolos ke perguruan tinggi bereputasi baik, dan selebih lolos di perguruan tinggi lainnya.

References

Adya Barata, Acep . (2004) Dasar-dasar Pelayanan Prima, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Alma, Buchari. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Arcaro, Jerome S (2005) Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan, terj. Yosal Iriantara Yogyakarta: Pustaka Pelajar:

Ardi.https://www.kompasiana.com/ardhiaditya/5a9eb447f133446b4310c5a2/bagaimana-meningkatkan-pelayanan-sekolah

Bambang Sunggono, Metodologi Penelitian Hukum, (Bandung: Mandar Maju, 2008),hal. 126.

Boediono, (2003) Pelayanan Prima Perpajakan, Jakarta: Rineka Cipta,

Bogdan, Robert C. Dan S. Knoop Biklen, (1994) Qualitative Recearch for Education, An Introduction to Theory and Methods, Boston Allyn and Bacon,

Djama’an, Satori & Aan, Komariah. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Danim, Sudarwan (2004) Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: PT. Pustaka

Hasibuan, Malayu. (2005) Dasar-dasar Perbankan, Jakarta: PT. Bumi Aksara .cet ke 4

I Wayan Aryawan, (2019) Peningkatan Kualitas Pelayanan Pendidikan Melalui Optimalisasi Penerapan Manajemen Peserta Didik. Jurnal Ilmu Sosial, Volume 5, No 1 Juni 2019, hal.35-45

Komariah, Aan & Cepi Triatna, (2006) University Leadership, Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: PT. Bumi Aksara,

Kotler, Philip & Kevin L. Keller. (2014) Manajemen pemasaran jilid 1, edisi Ketiga belas, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Lovelock, Cristhoper & Lauren Wright. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa, Alih bahasa Agus Widyantoro (Cetakan Kedua). Jakarta: PT Indeks)

Limas Dodi, Metodologi Penelitian (Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2015), 61.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Indonesia: Galia.

Purwadarminta, (1997). Kamus umum bahasa Indonseia, Jakarta: Balai Pustaka,

Putra. Adi. 2016. Layanan Khusus Peserta Didik (Kesiswaan). Jurnal Of Islamic Education Management. Vol. 2 No.2, hal. 1-15.

Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Cet. Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sallis, E. (2010). Total Quality Management in Education. Jogjakarta: IRCiSoD.

Sarosa, Samiaji. (2012). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Index

http://taufiku.gurusiana.id/article/mengukur-kualitas-sekolah- 848214 (dowload tanggal 13 Januari 2019)

Tjiptono, F.,(2004) Manajemen Jasa .Yogaykarata: Anadi, Ed I cetakan III

Tjiptono, F., dan Diana, A. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta: Penerbit Andi

UUSPN No. 20 Tahun (2003) Bandung : Citra Umbara.

Uswatun Hasanah. (2020). Analisis Mutu Dan Kualitas Input-Proses-Output Pendidikan Di MAN 2 Yogyakarta.” Managere Iindonesian Journal Of Educational Management 2, No. 2

Yin, Robert K, (2003) Case Study Recearch: Design and Methods . New Delhi: Sage Publicationns,

Downloads

Published

28-05-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles