PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM DI DESA TONJONG
Keywords:
Desa Tonjong, Digital marketing, UMKMAbstract
Desa Tonjong merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Tajur Halang Kabupaten Bogor. Desa ini sangat potensial dikembangkan usaha mikro dan kecilnya, karena selain sumber daya alamnya yang kaya, juga sumber daya manusianya yang memadai. Dari data yang kami kumpulkan terdapat sedikitnya 13 usaha mikro yang tergabung dalam satu ikatan UMKM Desa Tonjong. Dari ke 13 usaha ini seluruhnyadirinris dan dimiliki oleh para ibu rumah tangga. Mereka merintis mulai dari awal, hingga saat ini yang perkembangannya masih belum terlihat nyata. Usaha mereka umumnya bergerak di bidang kuliner, seperti aneka kue basah & gorengan, bakso, mie ayam, lontong, sayur padang, nasi goreng, nasi kuning, dan juga berbagai minuman. Dengan kemajuan teknologi komunikasi yang berkembang pesat dan kemudahan jaringan internet di seluruh wilayah desa, maka peran pemasaran digital diharapkan mampu mendorong perkembangan usaha UMKM di Desa Tonjong. Tujuan pelatihan ini adalah pengenalan digital marketing sebagai salah satu cara pemasaran di era teknologi saat ini. Melalui digital marketing, diharapkan dapat mengembangkan usaha mikro mereka menjadi sesuatu yang lebih bernilai dan lebih dikenal konsumen secara luas, sehingga usaha mereka bisa terus berkelanjutan yang akhirnya membawa kesejahteraan bagi keluarga mereka.
References
Abd Karim, R., Adnan, A. H. M., Tahir, M. H. M., Adam, M. H. M., Idris, N., & Ismail, I. (2020). The Application of Mobile Learning Technologies at Malaysian Universities Through Mind Mapping Apps for Augmenting Writing Performance. Advances in Science Technology and Engineering Systems Journal, 5(3), 510-517. doi:https://doi.org/10.25046/aj050363
Charissudin, A., Farida, F., & Putra, R. W. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Animasi Menggunakan Aplikasi Swishmax. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 10-19.
Fitriya, A. H., Setyawan, A., Yunsacitra, Y., & Noviyanti, S. (2022). Literature Review: Analisa Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 258-264.
Hasanah, U., Safitri, I., Rukiah, R., & Nasution, M. (2021). Menganalisis perkembangan media pembelajaran matematika terhadap hasil belajar berbasis game. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 204-211.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.
Khotimah, H., & Hernawati, H. (2018). Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Geoboard dan Geopuzzle Pada Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(2), 123-127.
Koten, F. P. N., Jufriansah, A., & Hikmatiar, H. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Whatsapp sebagai Media Informasi dalam Pembelajaran: Literature Review. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(1), 72-84.
Mimbadri, Y., Suharto, S., & Oktavianingtyas, E. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif online classflow berbantuan software geogebra pada materi integral luas daerah. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 121-130.
Robiana, A., & Handoko, H. (2020). Pengaruh penerapan media unomath untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 521-532.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal pendidikan profesi guru, 1(1), 51-65.
Wardani, T. P., & Subekti, F. E. (2022). Systematic Literature Review: Efektivitas Media Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(11), 394-403.