PENINGKATAN DAYA SAING UMKM OPAK MELALUI INOVASI RASA DAN KEMASAN DESA CONGGEANG KULON

Authors

  • Silmi Samrotul Qolbi mahasiswa
  • Riza Alrakhman Indonesia Open University
  • Jaka Warsihna Indonesia Open University

Keywords:

Conggeang Kulon, Packaging Innovation, Opak, UMKM

Abstract

Desa Conggeang Kulon memiliki banyak potensi ekonomi, terutama dalam sektor pertanian dan produksi makanan tradisional salah satu produknya yaitu Opak. Permasalahan yang dihadapi antara lain keterbatasan dalam pemasaran produk, kurangnya inovasi, dan rendahnya literasi pemasaran di kalangan pelaku UMKM. UMKM Opak sebaiknya memperluas pemasaran Opak khas Conggeang Kulon ke berbagai wilayah. Permasalahan yang sering muncul adalah produk opak yang hancur saat sampai ke konsumen. Inovasi dari kemasan tradisional ke kemasan yang lebih efisien merupakan salah satu alternatif untuk menjaga kualitas produk agar tetap baik sampai ke konsumen. Kemasan yang menarik, efisien dan murah adalah kemasan topless yang ukurannya sesuai dengan bentuk opak. Opak juga dimodifikasi dengan menambahkan rasa rendang, keju, dan balado untuk varian rasa baru yang lebih sesuai dengan preferensi pelanggan kontemporer. Metode pelaksanaan terdiri dari sosialisasi, validasi data, pembuatan varian rasa baru, dan pemasaran. Hasil dari beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan adalah (a) peningkatan pemahaman kepada pelaku UMKM tentang pentingnya inovasi produk dan kemasan untuk menjaga loyalitas konsumen, (b) validasi data UMKM untuk mengetahui tersedianya data yang valid dan akurat mengenai kondisi UMKM Opak di Desa Conggeang Kulon, (c) pembuatan varian rasa baru opak menghasilkan peningkatan daya tarik produk opak di kalangan konsumen muda dan peningkatan penjualan produk, (d) Pemasaran opak menggunakan kemasan toples meningkatkan daya tarik produk dan melindunginya dari kerusakan karena rentan terhadap kerusakan. Dari berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, hasilnya pelaku UMKM lebih mengenalkan manfaat inovasi Opak dan inovasi kemasan. Selain itu, inovasi produk dan kemasan dapat menambah daya tarik dengan diferensiasi produk pesaing, sehingga lebih menarik banyak konsumen.

References

Al Aidhi, A., Harahap, M. A. K., Rukmana, A. Y., Palembang, S. P., & Bakrie, A. A. (2023). Peningkatan daya saing ekonomi melalui peranan inovasi. Jurnal Mutidisiplin West Science, 2(02), 118 – 134.

https://doi.org/10.58812/jmws.v2i02.229

Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. ResearchGate.net. https://www.researchgate.net/publication/334964919

Good Doctor. (2023, Oktober 17). Jelaskan Teori Pertumbuhan Ekonomi Yang Dibahas Oleh Schumpeter. Good Doctor ID. https://gooddoctor.id/pendidikan/jelaskan-teori-pertumbuhan-ekonomi-yang-dibahas-oleh-schumpeter/

Idris, M. (2023, December 2). Mengenal Teori Joseph Schumpeter, Prinsip, dan Pihak yang Mempengaruhi. Kompas.com.

https://money.kompas.com/read/2023/12/02/002900626/mengenal-teori-joseph-schumpeter-prinsip-dan-pihak-yang-mempengaruhi

(Ina) Ratnasari, A. P. (Anggi) Arnu, H. (Hannie) Hannie. (2022). Pelatihan Desain Kemasan dan Pemasaran pada Produk-produk UMKM di Kabupaten Karawang. Jurnal Abdimas Mandiri, 6(1), 38 – 45.

https://doi.org/10.36982/jam.v6i1.2078

Khairi, M. & D. D. (2021). The Relationship Between Destination Attractiveness, Location, Tourism Facilities, And Revisit Intentions. Journal of Marketing and Business Research, 1(1), 39–50. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.56348/mark.v1i1.32

Willy, & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh kemasan produk dan rasa terhadap minat beli yang berdampak pada keputusan pembelian pelanggan minuman energi. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 65 – 74. https://doi.org/10.32502/jimn.vXiX.XXXX

Yunita, T., (2022, November 23). Pengembangan Inovasi Produk dan Keterampilan Pemasaran online UMKM Opak Gambir. Infoblitar.com.

https://infoblitar.com/pengembangan-inovasi-produk-dan-keterampilan-pemasaran-online-umkm-opak-gambir/

Zulaika, L. (2024, April 29). Teori Keunggulan Kompetitif Porter: Kunci Sukses bisnis Anda. Readmore.id. https://readmore.id/teori-keunggulan-kompetitif-porter/

Zhang, H., Feng, L., Wang, J., Zhu, T., & Jin, L., (2024). Investigating product innovation pathway from a modular standpoint: A case study of large aircraft assembly line. Sciencedirect.com, 10(1), e23356.

https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e23356

Downloads

Published

28-05-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles